Membuat Kaldu Sapi Sendiri

kaldu sapi

Kaldu adalah sejenis bumbu yang seringkali ditambahkan ke dalam masakan agar masakan menjadi terasa lebih nikmat dan gurih. Cita rasa yang kerap kali dicari oleh orang yang mencicipi hidangan adalah rasa “umami”. Rasa umami bisa dihasilkan dengan menambahkan bahan penyedap rasa.

Bahan penyedap rasa yang beredar di pasaran biasanya mengandung MSG yang berfungsi untuk menguatkan rasa masakan. Menurut para ahli kesehatan, MSG sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan apalagi dalam jangka waktu yang lama karena beresiko menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh seperti hipertensi, nafsu makan yang berlebih, dan sebagainya.

Salah satu alternatif bagi Anda yang tetap menginginkan rasa umami tanpa harus menggunakan penyedap rasa ber MSG adalah membuat kaldu sapi sendiri di dapur Anda. Kaldu sapi memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih nikmat dibanding kaldu ayam. Cara pembuatannya pun tidak begitu rumit.

Berikut ini yang harus Anda persiapkan saat hendak membuat kaldu sapi sendiri. Untuk menghasilkan rasa kaldu sapi yang lezat Anda harus menggunakan perpaduan antara Mirepoix dan Bouquet garni.

Mirepoix adalah berbagai sayuran yang memiliki rasa yang kuat yaitu bawang bombay, daun seledri dan wortel. Sedangkan Bouquet garni adalah berbagai bumbu atau rempah-rempah yang dapat mengikat rasa sapi yang dibuat, terdiri dari daun bawang, cengkeh, daun salam, lada hitam dan daun basil.

Selain itu bagian sapi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kaldu adalah iga sapi dan tulang sapi.

Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Didihkan air di atas panci dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Jumlah air yang digunakan perkirakan dapat menutupi keseluruhan bahan-bahan
  • Setelah air mendidih, matikan api, lalu masukkan iga sapi dan tulang sapi ke dalamnya. Atur hingga seluruh bagiannya tertutupi oleh air rebusan. Tunggu beberapa saat hingga sisa darah yang terdapat pada tulang dan iga sapi keluar.
  • Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan sayuran dan rempah-rempah lainnya. Seperti mengupas wortel, mencincang daun seledri, mencincang daun bawang, mengiris daun bombay dan bahan-bahan lainnya
  • Setelah tulang dan iga sapi bersih dari sisa darah, buang air yang dipakai untuk merendam.
  • Lalu pada panci yang berbeda, didihkan lagi air dengan sejumlah yang sama dengan sebelumnya.
  • Setelah air di panci mendidih, lalu masukkan tulang sapi dan iga sapi bersama dengan sayuran dan rempah-rempah. Rebuslah dengan api sedang hingga kuahnya kembali mendidih
  • Setelah kuah mendidih, kecilkan api. Biarkan tulang dan iga sapi serta rempah-rempahnya direbus selama sekitar 2 jam hingga airnya menyusut.
  • Setelah itu matikan api lalu angkat kaldu sapi Anda dan tiriskan hingga kuah kaldu terpisah dengan sisa-sisa bahan yang digunakan.
  • Dinginkan kaldu dalam suhu ruang.  Setelah uap panasnya hilang, lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan di kulkas selama minimal 30 menit hingga lemak sapi yang ada pada kaldu terpisah.
  • Setelah lemak sapi terpisah hingga membentuk semacam keping-keping lemak beku. Maka Anda dapat pelan-pelan memisahkan lemak tersebut dari kuah kaldu. Hal ini agar kaldu Anda menjadi lebih sehat.
  • Kaldu sapi Anda pun siap digunakan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membuat kaldu sapi adalah gunakan tulang dan iga sapi yang segar. Karena kesegaran bahan baku akan membuat rasa kaldu sapi yang dihasilkan lebih nikmat. Selain itu gunakan rempah-rempah dalam jumlah yang cukup banyak. Sebab tulang dan iga sapi cenderung memilki bau amis yang kuat, maka dibutuhkan  rempah dan bumbu yang cukup banyak untuk menghilangkan rasa amisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *