Ibadah Umroh Yang Sah Ibadah Syarat Dan Rukun Umroh

Ibadah umroh yang sah adalah ibadah yang sesuai dengan syarat-syarat umroh, Sedangkan umroh merupakan ibadah melaksanakan tawaf (Mengitari Ka’bah sebanyak 7 putaran) dan sa’i (berlarian kecil Shafa – Marwah sebanyak tujuh kali), dilakukan setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Adapun perbedaan antara umroh dengan haji adalah umroh dapat di laksanakan setiap hari, setiap bulan, setiap tahun dan hanya di Mekah, sedangkan haji hanya dapat di laksanakan pada waktu tertentu yakni antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta di laksanakan sampai ke luar kota Mekah.

Untuk menjalankan ibadah umroh yang sah harus tahu syarat, rukun, dan wajib umroh adapun syarat-syarat umroh yaitu;

  1. Muslim
  2. Berakal
  3. Baligh
  4. Mampu, memiliki biaya
  5. Merdeka
  6. Ada mahram (khusus bagi wanita)

Adapun rukun umroh adalah :

  1. Ihram, berniat untuk memulai umroh
  2. Thawaf
  3. Sai

Adapun wajib umroh adalah:

  1. Melakukan ihram ketika hendak memasuki miqat
  2. Bertahallul dengan menggundul atau memotong sebagian rambut

Hal-hal yang dilakukan menjelang ibadah umroh adalah sebagai berikut;

  1. Sebelum berangakat menaiki pesawat, jamaah harus mandi telebih dahulu kemudian mengenakan wangi-wangian sesuai dengan ketentuan.
  2. pria memakai kain ihram dua helai kain yang tidak dijahit, satu helai kain untuk pengganti celana, yang sehelai lagi untuk selendang.
  3. Menjelang tiba di miqat (Qarnulmanazil), lakukan shalat sunnah dua rakaat
  4. Tepat di Qarnulmanazil (miqat), kurang lebih 25 menit sebelum pesawat mendarat di Lapangan Terbang King Abdul Aziz Jedah, jamaah mulai berihram, dengan niat umroh yang ikhlas dan tulus tanpa ada paksaan serta mengucapkan talbiyah

 

Jasa biro perjalanan umroh online pertama dan terbesar di Indonesia dengan biaya relatif lebih murah, dan akan mengantarkan ibadah umroh yang sah dari mulai persiapan di Indonesia, saat umroh di tanah suci hingga kembali ke tanah air adalah abutours, biro perjalanan umroh berbasis teknologi mutahir dengan keamanan transaksi dan cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia,kunjungi situs www.abutours.com untuk keterangan lebih lengkap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *