Cara Menurunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Kadar gula dalam darah merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Jika kadar gula darah atau kadar glukosa meningkat, maka akan menyebabkan diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya karena menimbulkan komplikasi serius misalnya penyakit jantung, gagal ginjal sampai liver. Kadar glukosa harus dijaga sedemikian rupa supaya tidak meningkat dan lebih tinggi dari normal. Namun kadar glukosa juga mesti dijaga supaya tidak lebih rendah dari angka normal karena hanya akan menyebabkan hipoglikemia. Bagaimanapun, hipoglikemia juga akan mengganggu penderita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebab tubuh akan terasa lemah, lemas dan perasaan lelah mudah datang. Kondisi mental juga semakin turun. Bahkan bukan tidak mungkin akan hilang kesadaran.

Cara menjaga kadar gula darah agtau menurunkan kadar glukosa secara natural cukup lakukan tiga hal berikut yaitu rutin memeriksakan diri ke dokter.  Ketika mengunjungi dokter, maka periksakan selalu kadar glukosa anda sehingga anda tahu apakah kadar glukosa anda termasuk rendah, normal atau tinggi. Di samping itu, jagalah berat badan supaya lebih ideal. Jangan sampai berat badan melampaui batas ideal. Badan yang terlalu gemuk bisa memicu kenaikan kadar glukosa.  Untuk menjaga berat badan supaya ideal, maka rutinlah selalu berolahraga. Dengan olahraga teratur, maka lemak berangsur terbakar. Olahraga juga bisa mengubah gula menjadi energi. Olahraga yang ringan saja jangan yang terlalu berat misalnya jogging atau jalan kaki.

Selain itu, jaga pola makan. Konsumsi makanan yang membantu menurunkan kadar gula seperti kayu manis, bawang putih, kacang-kacangan, kacang almond, dan alpukat. Jenis-jenis makanan tersebut sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hindari makanan cepat saji atau mengandung gula tinggi atau kolesterol tinggi. Itu akan menaikkan kadar glukosa secara signifikan. Jangan lupa pakailah bahan-bahan makanan yang ramah pada kadar glukosa seperti produk-produk dengan gula jagung yang tidak menaikkan kadar gula darah. Hidup sehat, masa depan lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *