Mengobati Panas Dalam dengan Bahan Alami

Panas dalam, siapa yang tidak mengenal dengan masalah kesehatan yang satu ini ? Panas dalam rasanya telah menjadi sebuah masalah kesehatan yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Sebetulnya panas dalam sendiri bukan merupakan sebuah penyakit, namun lebih merupakan sebuah kondisi suhu di dalam tubuh sedang terjadi ketidakseimbangan. Dalam beberapa kondisi, panas dalam bisa menjadi sebuah gejala dari adanya penyakit, yang juga tidak jauh-jauh dari penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan dan saluran cerna. Oleh sebab itulah, kiranya jadi hal yang penting untuk cermat dalam segera mengobati panas dalam yang menyerang. Panas dalam bisa diobati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipilih :

  1. Kencur

Bahan alami yang pertama dapat dicoba untuk meredakan panas dalam adalah kencur. Kencur punya banyak kandungan mineral alami yang berguna salah satunya untuk meredakan panas dalam. Untuk memanfaatkan kencur sebagai obat alami meredakan panas dalam adalah dengan siapkan 2 ruas kencur yang sudah dicuci bersih, dikupas dan juga lalu diparut. Peras parutan kencur tersebut untuk diambil airnya. Campurkan dengan satu gelas air hangat dan minum secara teratur paling tidak sehari dua kali.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau punya kandungan serat yang cukup tinggi, dimana kandungan serat yang tinggi tersebut dipercaya mampu untuk membantu dalam mengurangi gejla panas dalam yang mengganggu. Kacang hijau juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga lebih baik untuk melawan serangan bakteri ataupun virus. Untuk pemanfaatannya sendiri adalah minum air rebusan kacang hijau tanpa tambahan gula.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda juga menjadi pilihan bahan alami untuk menyembuhkan panas dalam. Air kelapa muda adalah minuman yang punya kandungan elektrolit yang tinggi sehingga bisa membantu untuk menyembuhkan panas dalam. Air kelapa muda juga bisa menjauhkan dari masalah dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda, ini juga dapat memberikan efek menyegarkan untuk tubuh dan juga sekaligus dapat menetralkan suhu tubuh, hingga membantu dalam menyeimbangkan cairan tubuh.

  1. Lemon

Sudah tidak asing lagi kalau lemon adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C, dimana vitamin C sendiri juga berperan sebagai antioksidan untuk memperkuat sistem imun dan juga untuk mengatasi panas dalam. Untuk memanfaatkannya agar lebih efektif lagi campurkan air perasan lemon dengan madu. Madu punya kandungan yang berperan untuk mencegah serangan penyakit karena beberapa zat yang ada didalamnya punya sifat sebagai anti-bakteri dan anti-radang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *