Tips Memelihara Hewan di dalam Rumah

Tips Memelihara Hewan di dalam Rumah

Bagi Anda pecinta binatang, kadang hanya dengan melihatnya beberapa kali di kebun binatang, di televisi ataupun melihat binatang peliharaan teman terasa tidak cukup. Ada keinginan untuk memiliki hewan peliharaan sendiri di rumah agar dapat lebih leluasa untuk bermain bersama. Namun biasanya ada kendala yang membuat niat tersebut belum juga dilaksanakan, salah satunya adalah pemikiran akan repotnya ketika harus membersihkan kandang dan memberi makan. Berikut ini adalah beberapa tips general dalam memelihara hewan di rumah bagi pemula.

 Tips Memelihara Binatang Untuk Pertama Kali

Jika Anda belum pernah memelihara binatang sebelumnya, maka pastikan dulu bahwa Anda menyukai satu atau lebih jenis hewan tertentu karena dengan adanya rasa sayang maka akan ada ikatan bathin yang kemudian akan mempermudah proses pemeliharaan. Setelah timbul rasa ingin mengasuh binatang, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis binatang yang akan dipelihara di rumah. Pemilihan ini penting dan harus disesuaikan dengan kesukaan dan kepribadian Anda. Jangan sampai Anda memilih hewan yang bahkan Anda takut memegangnya.

Setelah memutuskan untuk memilih jenis hewan apa, maka langkah berikutnya adalah

  • Belilah kandang atau rumah bagi hewan tersebut.
  • Persiapkan habitat buatannya di sekitar rumah hewan itu.
  • Pilihlah di ruangan mana ia akan ditempatkan.
  • Bersihkan kandang secara rutin.
  • Sediakan stok makanan yang cukup termasuk tempat makan dan minumnya.
  • Luangkan waktu untuk bermain bersama hewan peliharaan Anda.
  • Berkomitmen untuk menjaganya baik sehat ataupun sakit.

Lama kelamaan jika Anda terbiasa dengan rutinitas membersihkan kandang, memberi makan, bermain dan menjaga hewan peliharaan Anda, maka akan timbul rasa ikatan kebersamaan yang kuat apalagi jika Anda mengasuhnya mulai dari ia kecil. bukan tak mungkin hewan tersebut akan menjadi teman sejati Anda seperti yang banyak terjadi dengan manusia yang memiliki anjing, kucing, kelinci, otter dan sebagainya. Bahkan burung saja dapat mengidentifikasi pengasuhnya jika si manusia tersebut benar-benar merawatnya dengan baik. Itulah beberapa tips general bagi Anda yang ingin mengasuh hewan di dalam rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *