Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Tepat Untuk Dipilih

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Tepat Untuk Dipilih

Kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ibu kandung tidaklah terlepas dari pemenuhan asupan nutrisi harian kehamilan secara tepat dan cukup. Jika ibu mengkonsumsi berbagai makanan sehat sumber nutrisi, maka tentunya kehamilan ibu akan dapat terbantu untuk terjaga lebih baik. Begitu pun sebaliknya. Ketika hamil sebetulnya ibu tidak perlu makan dalam jumlah yang sangat banyak. Memang kebutuhan asupan makanan meningkat karena ibu hamil bukan hanya menutrisi dirinya sendiri, melainkan juga perlu untuk menutrisi si kecil yang ada dalam kandungan. Akan tetapi peningkatan jumlah makanan tidaklah secara drastis. Anda hanya perlu menambahkan kurang lebih 300 kalori dari konsumsi biasa ketika sedang tidak hamil. Yang paling penting adalah tingkatkan jumlah nutrisi terbaik yang bermanfaat besar menunjang kesehatan kehamilan. Seperti salah satunya adalah asupan asam folat yang bermanfaat untuk mengindarkan masalah bayi lahir tidak sempurna. Lalu juga asupan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang bayi ataupun ibu juga. Zat besi juga penting untuk ditingkatkan konsumsinya guna membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin dan membantu ibu hamil terhindar dari masalah anemia.

Menemukan makanan sehat untuk ibu hamil tidaklah sulit. Ada sangat banyak sekali makanan sumber nutrisi terbaik untuk kehamilan yang dapat ditemukan di sekitar. Berikut ini antara lainnya :

Sayur dan buah

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang sayur dan buah adalah makanan sehat untuk menjaga kesehatan setiap orang. Tak terkecuali juga pastinya ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi paling tidak 5 porsi sayu dan buah yang berbeda setiap harinya untuk menerima asupan vitamin yang berbeda secara merata, juga mineral dan serat.

Daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, ikan dan telur

Kelompok makanan ini memiliki kandungan protein yang memegang peranan untuk menjaga pertumbuhan janin. Telur sendiri sumber kolin untuk perkembangan otak janin. Kemudian ikan seperti ikan salmon kaya akan omega 3 yang juga memegang peranan penting dalam perkembangan otak janin bahkan juga menjaga mood ibu hamil.

Kacang-kacangan

Kelompok kacang-kacangan juga merupakan makanan sehat sumber nutrisi untuk ibu hamil. Kacang-kacangan adalah kelompok makanan yang mengandung folat, kalsium, zat besi hingga seng yang berperan aktif dalam mencukupi kebutuhan serat selama masa kehamilan

Air

Air pastinya tidak kalah penting sebagai konsumsi sehat ibu hamil. Ingatlah bahwa ibu harus mencukupi kebutuhan air setiap harinya karena kecukupan air akan mencegah resiko bayi lahir prematur dan tentu juga mencegah resiko dehidrasi. Selama hamil, ibu dianjurkan paling tidak minum air putih 2.5 liter per harinya atau setara dengan 10 gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *