Macam Jenis Gandum dan Sederet Manfaatnya

Macam Jenis Gandum dan Sederet Manfaatnya

Gandum, sebagian besar dari kita sepertinya sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini, dimana banyak sekali olahan makanan sehat bersumber dari gandum yang memang kaya akan manfaat. Gandum merupakan salah satu dari jenis biji-bijian yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin hingga mineral. Gandum termasuk kedalam biji-bijian utuh dan berbagai makanan yang berasal dari gandum antara lainnya adalah roti gandum, biskuit, granola, dan lain sebagainya. Warna gandum sendiri ada bermacam-macam, ada yang warna merah kecoklatan, ada yang putih, ada yang kuning juga. Untuk warna merah kecoklatan sendiri ialah hadil dari terdapatnya senyawa fenolik pada dedak. Sedangkan kalau untuk gandum putih mempunyai kandungan fenolat yang rendah juga enzim kecoklatan. Kalau untuk gandum yang bewarna kuning sendiri adalah gandum duruh yang menghasilkan tepung semolina. Warna tersebut diperolehnya dari pigmen karotenoid yang disebutnya sebagai lutein.

Mengingat bahwa gandum adalah kelompok biji-bijian yang merupakan sumber serat baik, sehingga tak heran kalau gandum pun menjadi salah satu makanan sehat yang cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Dalam setiap takaran saji biji-bijian utuh seperti gandum terdapat kandungan serat 1 sampai 4 gram yang merupakan jumlah hampir sama dengan kadar serat di dalam sayur dan buah per harinya. Gamdum memegang peranan penting untuk bermanfaat meminimalisir berbagai penyakit kronis seperti kanker, jantung maupun juga diabetes tipe 2. Kandungan serat yang tinggi di dalam gandum pun membuatnya cocok sebagai konsumsi bagi mereka yang sedang melaksanakan diet. Selain itu juga tentu sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun di dalam gandum bukan hanya kandungan serat saja pastinya yang dimiliki. Nutrisi lainnya yang dimiliki gandum sebagai makanan sehat antaranya adalah protein, serat, vitamin, magnesium, zinc, zat besi sampai dengan juga kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Gandum pun jenisnya juga ada bermacam-macam. Ada gandum utuh atau yang disebutnya sebagai whole wheat. Ini adalah jenis gandum terbaik, dimana gamdum tidak dimurnikan alias tidak digiling sehingga masih berupa dedak dan benih. Gandum ini lebih kaya akan selenium, potasium dan juga magnesium. Kemudian jenis lainnya adalah refined wheat atau gandum yang dimurnikan. Jenis gandum tersebut sudah digiling untuk membuang benih dan dedaknya. Jenis gandum tersebut diklaim dapat bertahap lebih lama. Akan tetapi sayangnya penggilingan yang terjadi membuat asupan nutrisi dalam gandum pun turut tergerus dan berkurang. Satu lagi jenis gandum lainnya ialah enriched / fortified wheat atau gandum yang diperkaya. Jenis gandum ini berartiu menambahkan nutrisi gandum yang hilang karena proses penggilingan, terlebih adalah nutrisi vitamin B. Walaupun begitu, serat alami gandum yang sudah hilang tidak bisa dikembalikan lagi. Sedangkan di sisi lain ada juga gandum yang diperkaya dengan kandungan asam folat dan zat besi, yang pada bentuk aslinya tidak ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *