Beragam Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Jika ditanya makanan pokok, sebagian besar orang Indonesia rasanya akan menjawab nasi. Tidak salah, memang kenyataannya demikian. Akan tetapi nasi bukanlah satu-satunya makanan pokok. Konsumsi nasi sebagai makanan pokok dapat diganti juga dengan kelompok umbi-umbian seperti singkong. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan singkong bukan ? Singkong adalah salah satu makanan sehat yang banyak manfaat untuk kesehatan. Singkong merupakan perdu dari keluarga Euphorbiaceae serta punya peranan yang penting sebagai makanan pokok untuk sebagian penduduk di berbagai negara di dunia. Menjadi bagian dari makanan sehat yang kaya manfaat, pastinya hal tersebut tidaklah jauh dikarenakan banyaknya kandungan zat gizi terbaik pada singkong. Singkong mengandung karbohidrat yang tinggi, kemudian juga dari penelitian disinyalir singkong punya beberapa senyawa bioaktif. Senyawa bioaktif sendiri tidaklah lain merupakan senyawa kimia yang dipercaya mampu untuk membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Termasuk juga mencegah berbagai macam penyakit serius.

Karena kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam singkong, tak heran kalau makanan sehat yang satu ini pun menjadi makanan sumber energi dan bahan bakar tubu. Singkong adalah salah satu tanaman terbaik yang dapat mengubah asupan energi matahari menjadi karbohidrat larut. Satu kilogram singkong dalam bentu tepung bisa menghasilan hingga 3750 kkal. Selain itu juga karbohidrat di dalam singkong dapat bermanfaat sebagai sumber energi serta sumber bahan bakar untuk tubuh. Pada proses pencernaan, karbohidrat bakal dipecah jadi glukosa yang kemudian dengan bantuan insulin akan diserap oleh tubuh untuk menjadi energi.

Singkong disinyalir dapat membantu untuk mengatasi kelelahan, kemudian dehidrasi yang diakibatkan karena diare ataupun juga dapat membantu dalam menginduksi persalinan. Tak berhenti sampai disitu saja, manfaat lainnya dari makanan sehat yang satu ini adalah dapat membantu dalam melindungi sistem kekebalan tubuh lantaran terdapatnya kandungan vitamin C dan beta karoten sebagai antioksidan. Sehingga berbagai macam penyakit, termasuk kardiovaskular sampai dengan masalah kulit seperti kerutan dapat diminimalisir dengan konsumsi singkong. Bahkan juga beta-karoten di dalam singkong yang berperan sebagai antioksidan berfungsi untuk meminimalisir resiko asma, dapat mencegah penyakit serius serperi kanker ataupun penyakit jantung. Mengkonsumsi singkong yang paling mudah adalah dengan dikukus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *