Mengenal Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Mengenal Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini – Di usa dini anak akan mengalami masa keemasan yang merupakan masa untuk menerima berbagai macam rangsangan. Masa ini untuk masing-masing anak pasti tidak sama. Masa ini akan mematangkan fungs psikis dan fisik yang siap memberikan respon stimulasi anak yang diberikan lingkungan. Masa ini bisa disebut juga sebagai masa peletak dasar untuk perkembangan kemampuan motorik, kognitif, sosio emosional, bahasa, moral dan agama.

Berkut ini beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, diantaranya:

Pertama, aspek perkembangan kognitif.  Di masa ini kemampuan menerima rangsangan terbatas. Anak mulai berkembang kemampuan bahasa meskipun pemikirannya masih abstrak dan statis.

Kedua, aspek perkembangan fisik. Di perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmani lewat pusat urat syaraf, syaraf dan otot terkoordinasi.  Keterampilan motorik anak terdiri atas motorik kasar dan motorik halus.

Ketiga, aspek perkembangan bahasa. Dalam masa ini katakan saja anak usia 2 tahun akan memproduksi rata-rata 338 ucapan yang bisa dimengerti pada setiap jamnya. Cakupannya jauh lebih luas antara rentangan 42 sampai 672. Jika 2 tahun lebih tua maka bisa menggunakan sekitar 134 kata setiap jam yang berbeda dengan rata-rata rentangan 18 untuk 286.

Keempat, aspek perkembangan sosio emosional. Di masa ini anak sudah merasa mampu untuk menguasai anggota tubuh dan bisa menimbulkan rasa otonomi. Sebaliknya apabila lingkungan tidak memberikan suatu kepercayaan atau banyak bertindak bagi anak maka akan menimbulkan rasa malu dan ragu pada anak. Di tahap ini anak menunjukkan sikap mulai untuk lepas dengan orang tua, bergerak bebas dan berinteraksi terhadap lingkungannya. Anak juga bisa menjalankan tugas perkembangan untuk menyiapkan diri untuk masuk di masa dewasa. Anak juga memiliki keterampilan tertentu di masa ini. Jika berhasil maka dia bangga, namun jika gagal, maka anak akan malu.

Itulah beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang harus diketahui oleh semua orang tua. Supaya tahap perkembangan anak usia dini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan maka bisa mengkonsumsi susu wyeth gold yang dikhususkan untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *