Bisnis E-Commerce Merambah Retail

Bisnis E-commerce adalah bisnis yang bergerak di bidang penawaran barang atau jasa dengan menggunakan internet atau sering kita kenal dengan online shop.

Saat ini, selain bisnis e-commerce, bisnis retail di Indonesia juga sedang berkembang pesat. Sudah banyak bisnis e-commerce yang berjalan di Indonesia dan membuka gerai retail seperti Bhinneka. Perlu diketahui juga setiap bisnis e-commerce mempunyai bentuk yang berbeda dalam pelayanannya. Bentuk bisnis e-commerce yangt pertama adalah classified/daftar iklan baris yang merupakan bentuk usaha e-commerce yang paling sederhana. Karena penyedia jasa e-commerce ini tidak terlibat langsung dalam proses jual beli pihak perusahaan hanya menjadi media yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu tempat. Pihak e-commerce ini akan mendapat keuntungan dari iklan yang dipasang pada website tersebut. Penyedia layanan bisnis e-commerce bentuk daftar iklan baris ini diantaranya berniaga, OLX, dan kaskus FJB (Forum Jual Beli).

Yang kedua adalah marketplace C2C (costumer to costumer). Bisnis ini menawarkan tempat sebagai media promosi dagangannya dan pihak e-commerce juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Perusahaan e-commerce bentuk ini pada umumnya memberikan layanan escrow atau rekening pihak ketiga yang berfungsi sebagai jembatan antara pembeli, penjual dan pihak e-commerce. perusahaan e-commerce akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang terpasang dan mendapat komisi dari pihak escrow. Penyedia layanan bisnis e-commerce bentuk ini antara lain tokopedia dan lamido.

Yang ketiga adalah shopping mall yang proses jual belinya hampir sama dengan C2C. Hanya saja penjual dalam e-commerce ini hanyalah brand-brand besar yang sudah terkenal baik di pasar lokal maupun internasional. Pihak e-commerce bisa mengambil keuntungan dari penjual yang notabennya brand besar tersebut. Untuk saat ini, hanya ada satu penyedia layanan bisnis e-commerce dalam bentuk shopping mall ini, yaitu blibli.

Yanng keempat adalah toko online B2C (Business To Consumer) yang fokus dalam penjualan produk dari e-commerce itu sendiri. Sehingga keuntungan yang diperoleh murni menjadi milik pihak e-commerce sendiri, penyedia layanan bisnis e-commerce bentuk ini adalah bhineka dan berry benka.

Yang kelima adalah sosial media shop dimana pihak e-commerce membangun bisnisnya melalui sosial media seperti facebook, instagram, dan twitter. E-commerce yang menggunakan bentuk bisnis ini adalah onigi. Keuntungan dari bentuk bisnis ini adalah dari segi pemanfa’atan banyaknya konsumen yang berasal dari sosial media tersebut dan juga kemudahan dalam pembuatannya.

Bisnis retail di Indonesia berupa e-commerce ini telah didukung oleh pihak BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) sebagai pengelola bisnis retail yang ada di Indonesia ini. Pihak BKPM sendiri telah menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung pengembangan investasi di sektor e-commerce ini. Seperti halnya ketua BKPM, Franky Sibarani mengatakan “Pemerintah akan terus mendukung pengembangan sektor e-commerce yang kedepannya akan menjadi salah satu motor utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sektor digital.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *