Cara Merawat Pakaian dengan Bahan Rajut Mudah

cara-merawat-pakaian

 

Cara Merawat Pakaian dengan Bahan Rajut

Rinso.co.id – Cuaca di Indonesia yang merupakan negara sub-tropis memberi kelebihan tersendiri bagi penduduknya. Ya, kita tidak membutuhkan banyak jenis pakaian seperti penduduk di negara lain. Musim di Indonesia sendiri hanya ada musim panas dan musim hujan. Pakaian dengan bahan rajut menjadi satu alternatif yang cocok dipakai di Indonesia. Sebelum mengulas cara merawat pakaian yang memakai bahan rajut, mari bahas mengenai kelebihan pakaian rajut terlebih dahulu. Mengapa cocok? Karena pakaian dengan bahan rajut dapat digunakan di berbagai musim seperti musim panas dan hujan. Selain itu pakaian dengan model rajutan terlihat lebih unik dan berbeda ketika dipakai. Untuk Anda yang memiliki pakaian dengan kain rajun, cobalah lakukan langkah-langkah merawat pakaian rajun di bawah ini.

1. Pakaian dengan bahan rajut mudah mengalami kerusakan. Maka dari itu butuh perawatan yang berbeda dibandingkan dengan pakaian kain lain. Yang pertama adalah ketika mau mencuci pakaian berajut, hindari untuk melakukan perendaman terlalu lama. Karena akan membuat pakaian cepat rusak dan berbulu.
2. Berikutnya ialah hindari menyikat pakaian rajut. Bila ingin membersihkan pakaian dari noda dan kotoran atau debu, kucek-kucek saja pakaian dengan tangan secara perlahan. Jangan pakai tenaga yang terlalu kuat karena bentuk pakaian yang terbuat dari rajutan dapat berubah bentuk. Kalau pun terdapat noda yang sulit hilang, sikat pelan dengan sikat gigi atau sikat yang halus.
3. Cara merawat pakaian pada pakaian dengan bahan rajutan yang ketiga adalah hindari memeras pakaian berajut. Pakaian berajut bila diperas makan akan lebih sulit kering karena benang-benang rajutannya akan menyerap lebih banyak air. Gunakan mesin pengering untuk mengeringkan kain rajutan lalu jemur.
4. Hindari menjemur serta menyimpan dengan mengantungkan pada paku. Selain dapat merusak serat kain rajutan, bentuk pakaian dapat berubah. Gunakan gantungan baju untuk menggantung pakaian berajut.
5. Untuk membuat kain tidak rusak, hindari juga untuk menyetrika dengan suhu yang terlalu panas. Selain itu perhatikan setrika yang berbentuk lancip karena mudah menusuk kain dan merusak kain.
6. Cara merawat pakaian terakhirialah dengan tidak menggunting benang yang menggelayut di kain rajutan karena kain rajutan akan rusak. Lebih baik menyelipkan di bagian rajutan lain. Bila benang digunting atau dipotong, untaian benang tersebut akan semakin panjang dan bukan langkah yang benar.

Untuk membersihkan pakaian yang berbahan rajut secara maksimal, gunakan deterjen yang berkualitas seperti Rinso di mana memiliki kesegaran dan aroma yang harum. Kotoran dan noda juga dapat dibersihkan lebih mudah. Semoga ulasan mengenai cara merawat pakaian di atas dapat jadi masukan agar pakaian dengan bahan rajutan menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *