Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebab Hipertensi

gejala hipertensi

Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebab Hipertensi

Fenicie.com – Di Indonesia, salah satu jenis penyakit yang paling banyak di derita oleh orang-orang berusia lanjut adalah penyakit hipertensi atau biasa dikenal dengan darah tinggi. Tetapi ternyata gejala hipertensi tak hanya dialami oleh orang-orang lansia saja, tetapi orang-orang di usia muda juga ternyata memiliki kemungkinan tinggi mengidap penyakit ini jika memang ia menjalani pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Meskipun penyakit ini terdengar umum, namun tentu jangan dibiarkan begitu saja dimana penderita penyakit darah tinggi perlu untuk segera menjalani pengobatan. Fatalnya, penyakit hipertensi ini bisa mengakibatkan stroke, bahkan kematian jika pengobatan tidak dilakukan dengan maksimal. Untuk itulah maka penting untuk kita mengetahui seperti apa gejala awal dari penyakit darah tinggi ini, sehingga jika sudah terdeteksi sejak dini maka pengobatan bisa dilakukan dengan cepat agar segera sembuh.

Sebagai informasi, dibawah ini ada beberapa gejala hipertensi yang harus diwaspadai, diantaranya adalah:

  • Sering merasa sakit kepala dan pusing. Hal ini merupakan dampak dari tekanan darah yang naik. Pada sebagian orang, gejala hipertensi yang parah bahkan bisa ditandai dengan vertigo, atau sakit kepala yang sangat.
  • Detak jantung terasa berdebar-debar. Gejala satu ini biasanya terjadi hanya pada sebagian orang saja.
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Susah berkonsentrasi
  • Sering buang air kecil
  • Mimisan
  • Mood yang sering berubah-ubah, mudah marah. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang beranggapan orang yang memiliki emosi tinggi seringkali dikaitkan dengan penyakit darah tinggi.

Demikian beberapa gejala hipertensi yang bisa dideteksi sejak dini. Darah tinggi atau hipertensi biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor, yakni pertama adalah faktor usia. Ketika usia semakin bertambah, elastisitas dalam pembuluh darah kian mengalami penurunan, dimana hal inilah yang kemudian menyebabkan tekanan darah kian mengalami kenaikan. Selain faktor usia, hipertensi juga bisa diakibatkan karena adanya faktor keturunan, dimana jika orang tua memiliki riwayat penyakit darah tinggi maka kemungkinan besar keturunannya pun akan mengalami penyakit yang sama. Ada pula faktor jenis kelamin, dimana pria ternyata lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi dibandingkan dengan wanita.

Faktor terakhir adalah faktor pola hidup yang tidak sehat. Tidak dapat dipungkiri bahwa pola hidup yang kurang sehat memang sangat beresiko memicu berbagai penyakit, salah satunya hipertensi. Pola hidup yang tidak sehat ini misalnya pola makan yang buruk, minum minuman beralkohol, stress, kurang berolahraga, dan lain-lain. Ketika hipertensi menyerang, biasanya penderita menghadapi banyak pantangan makanan yang dikonsumsi. Solusinya, dampingi makanan sehat. Tentu penting untuk anda agar menjaga pola hidup tetap sehat, dan mengetahui gejala hipertensi sejak dini agar bisa langsung diatasi.

Baca juga: Penanaman Modal Dalam Negeri Di Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *