Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Setiap orang tua yang baru menimang buah hati tentu menginginkan di kecilnya bertumbuh kembang dengan baik dan sehat bukan? Tak heran juga berbagai persiapan untuk perlindunga si kecil sudah disediakan oleh ibu dan ayah saat menyambut kelahiran sang buah hati. Saat si kecil sudah lahir, perwatan opimal pun diberikan. Mulai dari memberikan ASI secara eksklusif hingga umur yang cukup untuk kebutuhan nutrisinya, memberikan kosmetika khusus bayi yang aman dan terpercaya seperti produk dari Zwitsal, sampai dengan tak terkecuali juga memberikan imunisasi anak bayi yang tujuannya tidaklah lain adalah menghindari si kecil dari penyakit yang tak diinginkan.

Kita tentunya juga memahami bahwa kekebalan tubuh anak bayi yang baru lahir belum berkembang secara sempurna, sehingga ia juga pastinya sangat rentan terserang penyakit. Nah, dilakukannya imunisasi itulah salah satu solusi terbaik untuk meminimalkan kemungkinan bayi terserang penyakit. Ada beberapa jenis imunisasi yang sangat perlu atau bahkan boleh dikatakan wajib untuk diperoleh anak bayi. Berikut ini antara lainnya :

1. Imunisasi Polio

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Anak bayi perlu mendapatkan imunisasi polio untuk melindunginya dari virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Imunisasi polio sendiri bisa dilakukan sejak bayi baru lahir, bahkan ketika masih di rumah sakit dan belum pulang. Ini tujuannya juga untuk menghindari transmisi virus vaksi pada bayi lain. Vaksin ini perlu untuk diperoleh anak bayi lagi ketika mereka berusia 2,4 serta 6 bulan dan juga diberikan untuk bayi lagi ketika usia 18 bulan serta 5 tahun.

2. Imunisasi BCG

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Imunisasi selanjutnya yang perlu diperoleh anak bayi adalah Imunisasi BCG. Imunisasi anak bayi yang satu ini bertujuan mencegah terjadinya penyakit tuberculosis pada si kecil yang menyerang bagian paru-paru. Imunisasi BCG dapat diberikan saat si kecil masih baru lahir atau paling lambat saat usianya 3 bulan.

3. Imunisasi Campak

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Sama seperti nama imunisasinya, dilakukannya imunisasi campak adalah untuk menghindarkan bayi dari penyakit campak. Pemberian imunisasi ini bisa ketika anak bayi berusia 9 bulan. Kemudian vaksi penguatnya diberikan ketika anak sudah berusia cukup besar yaitu 5 sampai 7 tahun

4. Imunisasi Hepatitis B

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Bayi perlu mendapatkan imunisasi Hepatitis B yang lebih tepat diperolehnya saat 12 jam setelah lahir, lalu saat bayi berusia 1 bulan dan juga ketika berusia 3 sampai 6 bulan. Dilakukannya imunisasi anak bayi yang satu ini adalah menjauhkan dari virus Hepatitis B yang bisa membuat kerusakan di bagian hati.

5. Imunisasi DTP

Macam-Macam Imunisasi Anak Yang Perlu Didapatkan

Satu lagi imunisasi yang perlu diperoleh anak bayi adalah imunisasi DTP. Imunisasi ini dilakukan untuk menjauhkan dari penyakit difteri atau infeksi saluran pernafasan, kemudian tetanus, dan juga pertusis. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan saat bayi berusia 6 minggu, 4 bulan, serta 6 bulan. Kemudian biasanya dilakukan kembali saat si kecil berusia 18 bulan, 5 tahun serta 12 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *