Kenali Ciri-ciri Diabetes Sejak Dini

Kenali Ciri-ciri Diabetes Sejak Dini

Fenice.com – Pernahkah Anda merasa buang air kecil dengan freskuensi yang cukup sering lebih dari biasanya? Atau mungkin Anda pernah merasa selalu ingin makan dan minum? Hal-hal tersebut merupakan salah satu hal yang biasa orang-orang lakukan. Namun beberapa hal tersebut juga tidak boleh disepelekan karena besar kemungkinan beberapa hal tersebut adalah ciri-ciri diabetes. Tak banyak yang tahu bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang membunuh banyak orang di Indonesia. Selain karena faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan orang terkena diabetes. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali ciri-ciri penyakit ini sejak dini. Berikut adalah beberapa tanda penyakit diabetes yang bisa Anda kenali.

  1. Nafsu makan bertambah

Jangan sepelekan apabila nafsu makan Anda bertambah. Dengan nafsu makan yang tinggi, pola makan Andapun akan berubah. Pola makan yang tidak teratur ini bisa menyebabkan berat badan Anda bertambah. Berat badan yang bertambah secara drastis tanpa diiringi dengan olahraga yang teratur bisa menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih. Orang-orang yang mengalami obesitas biasanya akan mudah terkena diabetes.

  1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri diabetes yang lainnya adalah frekuensi buang air kecil yang sangat sering. Orang yang terkena diabetes akan menunjukkan gejala awal yaitu dengan buang air kecil dengan frekuensi yang melebihi orang biasanya. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kelebihan glukosa sehingga ginjal lebih sering untuk bekerja membersihkan glukosa dalam darah. Jadi jangan sepelekan apabila Anda mengalami hal seperti ini.

  1. Mudah Haus

Gejala diabetes yang menyebabkan seringnya buang air kecil akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga rasa haus dan ingin minum pun muncul terus menerus. Hal tersebut karena untuk mengganti cairan yang telah terbuang dengan urin.

  1. Berat Badan Turun Secara Drastis

Penderita  diabetes menunjukkan ciri-ciri diabetes yang pertama yaitu dengan bertambahnya nafsu makan. Namun, seiring dengan bertambahnya nafsu makan justru berat badan bukan naik tetapi turun secara drastis. Anda jangan pernah menganggap sepele hal ini. Karena penyakit diabetes tidak selalu diderita oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih saja, namun bisa juga terjadi pada orang yang memiliki tubuh kurus. Biasanya diabetes ini sering disebut sebagai diabetes kering.

  1. Luka Sukar Sembuh

Jika Anda mengalami suatu kejadian yang menyebabkan luka namun luka tersebut sukar sekali untuk sembuh, jangan anggap remeh hal tersbut. Karena bisa jadi Anda terkena diabetes. Luka sulit untuk disembuhkan karena banyaknya glukosa dalam darah sehingga proses pembekuan darahpun sukar dilakukan.

Setelah Anda mengenali ciri-ciri diabetes pada diri Anda, Anda harus cepat bertindak seperti mengontrol pola makan dan mengurangi makan makanan manis. Seperti mengganti gula Anda. Gula Tropicana merupakan gula rendah kalori rekomendasi tepat untuk Anda penderita diabetes.

Baca Artikel TentangSeperti Apa Kolesterol Tinggi Itu, dan Bagaimana Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi? 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *