Seperti Apa Kolesterol Tinggi Itu, dan Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Seperti Apa Kolesterol Tinggi Itu, dan Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Kolesterol tinggi merupakan kondisi tingkat kolesterol di dalam darah melampaui kadar batas normal. Kolesterol ialah senyawa lemak yang berlilin, sebagian besar senyawa tersebut diproduksi oleh hati dan diperoleh dari makanan. Kondisi kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit yang cukup serius, penyakit yang mengintai penderita kolesterol biasanya berkaitan dengan pengendapan kolesterol yang berlebihan di pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke. Kelebihan kolesterol bisa terjadi karena pengonsumsian makanan yang mengandung kolesterol berlebihan dan kurang melakukan olahraga. Lantas, bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi?

Sebetulnya kolesterol ini juga diperlukan oleh tubuh agar membantu membangun sel baru agar tubuh kita bisa berfungsi dengan normal. Kolesterol juga dapat memproduksi vitamin D, asam empedu dan sebagai pencerna lemak. Dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan dari kedua jenis ini disebut sebagai lipoprotein. Lipoprotein yang mempunyai kepadatan rendah disebut dengan LDL, dan lipoprotein yang memiliki kepadatan tinggi disebut dengan HDL. LDL memiliki tugas untuk mengangkut kolesterol dari hati ke sel yang memerlukan. Namun bila jumlah kolesterol ini berlebihan, ia bisa mengendap di dinding arteri dan bisa menyebabkan berbagai penyakit lain.

Kadar kolesterol yang berada di dalam darah memang bervariasi, satu orang dengan yang lainnya tidak bisa sama, hal tersebut bergantung dari tinggi atau rendahnya resiko seseorang untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Jumlah kolesterol dapat di ukur dengan melakukan test darah. Sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan kadar kolesterol bila kelebihan tekanan badan, memiliki penyakit diabetes, dan mempunyai penyakit lain. Diagnosis kolesterol juga sangat dianjurkan untuk Anda yang mempunyai riwayat keluarga kolesterol. Bekerja atau tidaknya tips menurunkan kolesterol tinggi tergantung dari kapan Anda menyadari kadar kolesterol tinggi.

Seperti apa dampak kolesterol tinggi? saat kolesterol berlebihan mengendap di dinding arteri, nantinya aliran darah di otak, jantung, dan bagian tubuh yang lain dapat terhambat. Dengan begitu, sudah pasti jika kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit penyempitan arteri, penggumpalan darah, stroke hingga serangan jantung. Kadar kolesterol tinggi juga akan menyebabkan rasa sakit di bagian dada depan, saat seseorang mengalami stress. bila Anda tidak mengubah pola makan, penderita kolesterol akan mempunyai resiko terkena penyakit jantung atau stroke.

Gaya hidup sehat sangat diperlukan dalam cara menurunkan kolesterol tinggi. Anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan sehat. Cara tersebut merupakan salah satu langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di darah. Bagaimana untuk mereka yang mempunyai berat badan berlebihan? jika Anda memiliki berat badan berlebihan, Anda dapat melakukan diet ketat, batasi konsumsi makanan manis. Bila ingin mengkonsumsi makanan manis pilih gula Tropicana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *