Gejala Penyakit Tipes pada Orang Dewasa

gejala gejala tipes yan timbul

Penyakit tipes merupakan penyakit yang cukup sering ditemui di Indonesia. Penyakit ini terjadi disebabkan oleh bakteri salmonella typhs yang menyerang tubuh anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun bukan termasuk penyakit menular, penyakit tipus merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan bagi penderitanya. Jika bakteri salmonella typhs sudah masuk dan menyerang tubuh, ia akan menetap di darah dan di usus. Untuk bisa mencegah atau menangani penyakit tipes, anda harus mengethaui gejala penyakit tipes yang bisa anda kenali semenjak dini untuk penanganan yang tepat.

Minggu Pertama

Pada minggu pertama, bakteri salmonella typhs akan menyebabkan anda merasakan demam yang akan terus meningkat pada malam hari yang bisa mencapai lebih dari 40 derajat celcius. Anda juga akan merasakan sakit kepala di sekitar mata dan bagian belakang kepala. Nafsu makan akan mulai berkurang atau bahkan hilang.  Selain itu, gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare juga akan melanda. Batuk kering serta munculnya bintik-bintik merah pada kaki dan tangan juga menjadi indikasi gejala penyakit tipes.

Minggu Kedua

Pada minggu kedua, suhu badan penyebab demam akan naik dan turun sepanjang hari. Penurunan nafsu makan yang drastis menyebabkan tubuh anda lemas dan menyulitkan anda untuk beraktifitas sebagaimana biasa. Selain itu, hilangnya nafsu makan juga menyebabkan menurunnya berat badan. Perut terasa menjadi lebih kencang dan seringkali mengalami keram pada tahap minggu kedua ini.

Sebelum mengalami gejala penyakit tipes tersebut diatas, anda bisa melakukan pencegahan dengan cara membiasakan hidup sehat, salah satunya dengan membiasakan cuci tangan sebelum makan dan beraktifitas. Lifebuoy mempunyai produk sabun cuci tangan dan sabun mandi yang tersedia dalam bentuk cair maupun batangan. Sabun cuci tangan Total 10 mengandung timol aktif sebagai antiseptik pembunuh 99% kuman. Selain itu, untuk menjaga tangan anda tetap bersih dari bakteri dan kuman, Lifebuoy hand sanitizer dengan kemampuan membunuh 99.9% kuman tanpa merusak kulit anda dan keluarga akan selalu setia menemani anda kemanapun dan kapanpun anda bepergian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *