Pentingnya Kasih Sayang Ayah untuk Sang Buah Hati

kasih sayang ayah

Kehadiran seorang malaikat kecil berhak mendapatkan kasih sayang ayah dalam kehidupannya. Dalam sebuah rumah tangga pada umumnya memang kasih sayang ibu lah yang nomer satu, hal tersebut memang benar adanya. Namun meski demikian bukan berarti kasih sayang dari seorang ayah tidak penting atau bahkan tidak perlu. Karena tumbuh kembang sang buah hati akan berjalan dengan baik atas dasar peran kedua orang tua baik ayah atau pun ibu. Baik secara fisik maupun psikologis kedua-duanya akan mendapatkan pengaruh yang cukup besar ketika mendapatkan kasih sayang yang penuh dari kedua orangtuanya. Mungkin anda sering melihat kejadian di sekeliling anda, bahwasannya banyak anak yang ditelantarkan dan tidak mendapatkan perhatian dari ayah ibunya. Anak tersebut kebanyakan mendapatkan kehidupan yang kurang beruntung.

Berbeda apabila seorang anak yang dibesarkan dengan belaian penuh kasih sayang yang juga mampu memberikan pendidikan kepada anaknya, ia cenderung dan kebanyakan memiliki kehidupan yang lebih beruntung. Menurut beberapa sumber informasi yang penulis dapatkan, bahwa kasih sayang ayah dan ibu membantu perkembangan kecerdasan otak juga emosionalnya yang kemudian akan berefek dalam waktu jangka panjang. Dan inilah diantaranya hal yang penting yang ditimbulkan dari kasih sayang yang dicurahkan oleh seorang ayah kepada anaknya:

  1. Bayi yang sedang menangis kemudian mendapatkan belaian langsung dari ayahnya, ia akan tumbuh dan berkembang dengan baik dalam mengeksplorasi lingkungannya dan ia akan merasa lebih percaya diri serta menemukan kenyamanan.
  2. Kemampuan kognitif akan semakin meningkat ketika anak mendapatkan kasih dan sayangnya dari seorang ayah. Begitu pula perkembangan sisi psikologisnya.
  3. Dan ketika sejak kecil anak tidak mendapatkan kasih sayang dari ayah, ia akan cenderung lebih agresif, dan memiliki kepribadian yang kurang baik.

Maka dari itu peran keduanya dalam mengasuh anak sangatlah penting. Ibu dan ayah harus mampu bekerja sama dalam memberikan pendidikan serta pengarahan yang kemudian diharapkan akan mendapatkan efek yang baik di masa dewasanya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *