Daftar Lokasi Kampus IPB

IPB (Institut Pertanian Bogor) merupakan salah satu kampus modern yang termasuk ke dalam daftar perguruan tinggi favorit di Indonesia. Hal ini dibuktikan karena banyaknya pelajar yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa IPB setiap tahunnya. Berbagai program studi dan fakultas IPB dijadikan pilihan bukan hanya oleh calon mahasiswa yang berasal dari sekolah-sekolah di Bogor saja, namun program pendidikan di IPB juga diminati oleh calon mahasiswa di seluruh Indonesia yang tertarik dengan bidang pendidikan tinggi pertanian yang ditawarkan.

Demi memperlancar aktivitas pendidikan yang dilaksanakan oleh semua mahasiswa, Institut Pertanian Bogor memiliki beberapa kampus yang tersebar di wilayah Bogor dan sekitarnya. Berikut ini daftar lokasi kampus IPB dan masing-masing kegunaannya, yaitu:

  • Kampus IPB Darmaga, merupakan kampus pusat yang menjadi kantor rektorat dan aktivitas belajar mengajar mahasiswa program S1, S2 dan S3.
  • Kampus IPB Baranangsiang, merupakan pusat kegiatan penelitian dan berbagai aktivitas pemberdayaan masyarakat serta kegiatan pendidikan pascasarjana.
  • Kampus IPB Gunung Gede, merupakan pusat kegiatan pendidikan manajemen bisnis dan techno park.
  • Kampus IPB Cilibende, merupakan pusat kegiatan vokasional diploma.
  • Kampus IPB Taman Kencana, rencananya dibangun sebagai rumah sakit internasional.

Selain didukung dengan banyaknya lokasi kampus yang memadai, IPB juga memiliki berbagai macam fasilitas pendidikan yang berkualitas tinggi. Kampus IPB sendiri saat ini terfasilitasi dengan 385 laboratorium fisik serta memiliki fasilitas 12 lahan untuk percobaan yang saat ini berada di Darmaga, Sukamantri, Sindangbarang, Tajur, Pasir Kuda, Babakan, Jonggol, Pasir Sarongge-Cianjur, Ancol, Pelabuhan Ratu, Gunung Walat dan Pulau Tinjil-Pandeglang. Ada juga laboratorium Bahasa dan laboratorium Terpadu yang dimanfaatkan sebagai tempat penelitian oleh dosen dan mahasiswa.

Penunjang layanan informasi dan teknologi yang dikelola IPB (Institut Pertanian Bogor) juga sangatlah maksimal. IPB mempunyai perpustakaan yang termasuk ke dalam 5 perpustakaan besar di Indonesia dan sudah dilengkapi dengan teknologi IPB electronic library, jaringan serat optik, hotspot, ratusan komputer dan fasilitas cyber lainnya. Hal ini disediakan untuk menunjang aktivitas pendidikan yang bermutu bagi setiap mahasiswa.

Baca Juga : Fasilitas Menarik diKampus Ramah Lingkungan IPB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *