Tips Memilih Domain Online Shop

Tips Memilih Domain Online Shop

Salah satu ciri online shop yang baik adalah memiliki nama atau alamat atau domain yang baik. Jika nama dipilih secara acak dan sembarangan, akan berpengaruh pada kinerja untuk mencapai target tertentu. Saat Anda membuat website toko online, pastikan jika domain atau nama yang Anda pilih memiliki hubungan atau relasi dengan produk yang Anda jual. Nama atau domain juga tergantung dari jenis e-commerce yang Anda pilih, apakah B2B atau C2C atau B2C.

Kedua, pilih nama atau domain yang mudah untuk diingat dan sebaiknya pilih nama yang pendek. Walaupun Anda membuat web toko online dengan tampilan yang bagus akan tetapi jika tidak ada pengguna internet yang mengingat nama dari online shop Anda karena terlalu susah untuk diingat, akan menurunkan trafik pengunjung. Jika pengunjung berkurang bahkan tidak ada, akan menurunkan tingkat penjualan Anda dan menurunkan pendapatan.

Ketiga, dalam pemilihan domain untuk online shop, sebaiknya hindari penggunaan tanda penghubung dan angka. Penggunaan tanda penghubung seringkali dilupakan oleh pengguna internet yang hendak mengunjungi situs Anda, misalnya dimana peletakan tanda penghubung tersebut, apakah strip (-) atau undercross (_). Penggunaan angka dalam pemilihan nama domain juga tidak jarang membingungkan. Misalnya apakah situs tersebut menggunakan kata ‘satu’ atau dengan huruf ‘1’ dalam domain. Karena kesalahan dalam penulisan domain dapat menyebabkan salah alamat.

Cara lain untuk memilih domain saat membuat website toko online yaitu :

  • Sebaiknya pilih nama atau domain yang tulisan dan pengucapannya sama. Misalnya untuk situs dengan tulisan ‘design’ yang terkadang salah dengan tulisan ‘desain’.
  • Jangan lupa untuk melakukan cek apakah domain tersebut sudah digunakan atau belum. Jika sudah terpakai, pilih nama yang lain yang masih memiliki relevansi dengan produk yang Anda jual atau jenis toko online yang Anda buat.
  • Jika Anda memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa domain dengan nama yang hampir sama untuk mengurangi adanya kesalahan dalam pengetikan domain oleh pengguna internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *