Program Studi Kejahatan Keuangan Di IPB

Pascasarjana Fakultas Ekonomi IPB

Selain berfokus terhdap pertanian Institut Pertanian Bogor atau IPB juga memilikifokus terhadap perekonomian. Memang antara pertanian dan perekonomian ada sebuah keterkaitan yang tidak bisa dilepaskan. Karena itu pula terdapat Fakultas Ekonomi di kampus yang rektoratnya bisa kita temukan di kawasan Dramaga ini.

Yang menarik baru-baru ini program Pascasarjana Fakultas Ekonomi IPB membuat sebuah program studi baru, yaitu program studi Kejahatan Keuangan. Hal ini bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang mengatur tentang tata usaha dan undang-undang berbagai jasa keuangan yang ada di Indonesia, seperti misalnya bank dan asuransi.

Kejahatan keuangan yang dimasud diantaranya adalah pencucian uang atau juga korupsi. Dengan dibukanya program studi ini bisa memberikan kontribusi terhadap sistem keamanan juga transparansi sistem keuangan yang berjalan di tanah air. Terobosan program studi ini tentu saja harus diberikan acungan jempol. Karena pada prakteknya kejahatan keuangan ini kerap kita temukan dimana-mana, dan hal itu biasanya berdampak secara luas terhadap masyarakat.

Diharapakan dengan berdirinya program studi Pascasarjana Fakultas Ekonomi IPB ini bisa mengentaskan kejahatan keuangan dan juga menajdikan Indonesia sebagai negara yang memiliki sistem keuangan yang bersih, sehat, dan terpercaya. Apa yang dilakukan oleh IPB ini mungkin tidak banyak dipublikasikan dan juga banyak tidak diketahui oleh orang awam. Tapi apa yang dilakukannya tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *