Penyebab Bronkitis Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Bronkitis Pada Anak

Bronkitis merupakan peradangan atau infeksi pada saluran udara paru-paru atau bronkus.  Bronkitis ini kebanyakan diderita oleh anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun. Khususnya umur 3-6 bulan. Penyebab bronkitis pada anak yang paling utama adalah RSV atau Respiratory Synctial Virus (RSV). Bisa juga disebabkan oleh virus lain seperti virus influenza atau adenovirus. Virus ini akan menyebar dari satu individu ke individu lainnya lewat cairan hidung. Bayi biasanya akan lebih beresiko terkena bronkitis jika berada di lingkungan perokok ketika usia anak masih di bawah 6 bulan. Resiko ini juga cenderung meningkat pada anak yang kurang mengkonsumsi asi atau lahir prematur di tempat yang padat.

Gejala bronkitis pada anak ditandai dengan gejala ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Atas) yang ringan. Anak juga akan mengalami batuk dalam waktu 2 sampai 3 hari. Kalau sudah parah, anak akan muntah dan ada suara desis ketika bayi bernafas. Pada kondisi lanjut, pada kulit bayi akan terlihat lebam kebiru-biruan dan cuping hidung akan mengembang ketika bayi menarik napas. Jadi untuk mewaspadai, sebaiknya hubungi dokter kalau bayi sudah batu yang berat selama lebih dari dua hari dengan demam. Bayi yang mengalami bronkitis mungkin akan demam hingga suhu tubuhnya mencapai 103 derajat Fahrenheit. Bayi perlu mendapatkan penanganan medis segera ketika sulit bernapas dan lesu.

Meskipun demikian, orang tua tetap bisa membantu meringankan gejala bronkitis pada anak. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua antara lain memberikan cairan  lebih banyak agar tubuh anak terhindar dari dehidrasi. Kemudian melembabkan udara dalam ruangan  agar anak bernafas dengan lebih mudah tetapi perhatikan terlebih dahulu kebersihan ruangan agar anak terbebas dari debu dan kotoran. Anak yang mengalami batuk berdahak bisa diberikan uap air yang dihisap agar dahaknya tidak terhisap dan tersedak. Hindarkan anak dari cuaca dingin, debu dan asap yang dapat mengiritasi saluran udara. Tepuk-tepuk dada bayi untuk meringankan gejala bronkitis.  Untuk mendapatkan tips tentang penanganan bronkitis dan penyebab bronkitis pada anak, kunjungi situs futuready.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *