5 Manfaat Pijat Bayi yang Mungkin Belum Bunda Ketahui

pijat bayi

Pijat bayi merupakan salah satu kegiatan rutin yang konon tidak boleh dilewatkan para ibu. Percaya atau tidak, ritual memijat bayi tersebut ternyata sudah dilakukan sejak dulu. Namun terlepas dari ritual yang sudah dilakukan sejak dulu tersebut, adakah sebenarnya manfaat melakukan pijat pada bayi? Berikut 5 manfaatnya yang mungkin belum Bunda ketahui.

Melancarkan peredaran darah

Pijat bayi ternyata bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini tentu akan memberikan efek positif terhadap tubuh bayi. Peredaran darah yang baik akan mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya jantung dan pembuluh darah. peredaran darah yang baik juga berdampak positif terhadap penyaluran nutrisi yang diperoleh bayi, baik dari ASI maupun makanan pendamping ASI. Karenanya jangan sampai lupa untuk melakukan pijat pada bayi anda demi memperoleh manfaat tersebut.

Membantu mencegah sembelit dan diare pada bayi

Selain membantu melancarkan peredaran darah, pijat bayi ternyata juga bisa membantu mencegah beberapa gangguan yang seringkali dialami bayi. Gangguan yang dimaksud adalah sembelit atau susah buang air besar dan diare. Dengan mengetahui manfaat tersebut, diharapkan para ibu bisa lebih rajin melakukan pijat pada bayi.

Membantu bayi tidur nyenyak

Pijatan berupa sentuhan lembut yang diberikan sang ibu pada bayinya ternyata bisa memberikan efek tenang pada bayi. Terbukti bayi yang rutin dipijat akan lebih nyenyak tidurnya dan tidak rewel jika dibandingkan dengan bayi yang jarang dipijat.

Membantu bayi merasa nyaman

Rasa nyaman yang diperoleh bayi ternyata menjadi salah satu alasan mengapa adakalanya bayi rewel dan adakalanya tidak. Rasa nyaman tersebut bisa diberikan pada bayi melalui beragam cara. Salah satunya dengan melakukan pemijatan lembut pada tubuhnya. Gunakan lotion yang tepat, seperti Zwitsal baby oil agar bayi semakin merasa nyaman berkat kehangatan yang diberikan.

Mempererat ikatan antara bayi dan ibu

Selain beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan hanya melakukan pemijatan pada tubuh bayi, manfaat yang paling utama adalah untuk mempererat ikatan antara sang ibu dan bayinya. Dengan melakukan pemijatan, sang ibu secara tidak langsung melakukan kontak dengan bayinya. Hal ini tentunya bisa memberikan dampak yang positif bagi keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *