Tips Memilih Makanan untuk Diet dengan Karbohidrat Kompleks

makanan untuk diet

Salah satu jenis makanan untuk diet yang sangat efektif menurunkan berat badan ialah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Kita, dalam nasi terdapat karbohidrat kompleks dan juga gula. Konsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus mampu membuat gula dalam tubuh menumpuk. Alhasil lemak pun mudah menumpuk dan menjadikan berat badan lebih mudah naik, sehingga memerlukan penggantian menu pokok tersebut.

Meskipun karbohidrat bisa membuat tubuh gemuk tetap saja tubuh manusia memerlukannya untuk menjaga sistem tubuh dapat berjalan normal. Maka langkah tepat untuk diet bukan menghilangkan asupan karbohidrat melainkan mengganti jenis asupannya. Salah satunya dengan makanan untuk keperluan diet yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini akan membutuhkan proses pencernaan yang lebih lama sehingga memberikan rasa kenyang yang juga lebih lama. Hasilnya adalah jumlah makanan yang masuk akan lebih terbatas dan mampu membakar tumpukan lemak berlebihan.

Tips Memilih Sumber Karbohidrat Kompleks

Berencana untuk melakukan diet yang sehat maka sebaiknya mengganti asupan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya, diantaranya adalah:

  1. Nasi merah, dihasilkan dari beras merah yang dikukus seperti biasanya kemudian dijadikan sebagai pengganti nasi, yang mengandung karbohidrat sederhana dan kaya serat.
  2. Mengkonsumsi buah pisang, pisang menjadi salah satu jenis buah yang mengandung karbohidrat, diet dengan pisang membantu penurunan berat badan dengan efektif.
  3. Makan rebusan kentang, kentang juga menjadi sumber karbohidrat yang bisa dijadikan makanan diet yang sehat sekaligus efektif.
  4. Mengkonsumsi oatmeal, oatmeal merupakan olahan biji gandum yang menjadi sumber karbohidrat sekaligus serat.

Bahan makanan mana yang mudah ditemui maka jenis makanan tersebut yang sebaiknya dijadikan menu utama diet. Ada banyak sekali sumber karbohidrat di sekitar Kita yang tentunya lebih efektif digunakan untuk berdiet. Kebutuhan karbohidrat sebagai sumber energi dapat terpenuhi dan mengurangi kemungkinan berdiet yang menyiksa. Pasalnya terpenuhinya karbohidrat bisa menekan rasa lapar sehingga diet menggunakan makanan untuk diet jenis ini tergolong aman dan nyaman untuk dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *