Cairan Penghilang Karat Paling Ampuh

cairan penghilang karat

Penyebab paling sering dari terjadinya karat yaitu karena paparan air dalam jangka waktu cukup lama. Karat ini biasanya muncul dari oksidasi besi. Seluruh logam yang memiliki kandungan zat besi temasuk baja akan mengikat atom yang terkandung dalam air sehingga membentuk alpisan oksida besi atau lebih dikenal dengan karat. Karat ini akan selalu bertambah seiirng dengan proses korosi, maka dari itu penting untuk memelihara barang agar bebas karat. Meskipun begitu diperlukan perjuangan untuk menghapus karat dari suatu benda, walaupun ada cairan penghilang karat. Berikut beberapa cairan yang bisa menghilangkan karat dari Rinso.

  1. Gunakan cairan asam

Salah satuc airan asam yang mudah ditemukan yaitu air cuka. Asam yang sering digunakan dalam rumah tangga ini tidak beracum dan mudah dalam diaplikasikan termasuk untuk mengatasi karat. Caranya cukup dengan memasukkan benda berkarat di dalam cuka selama semalaman, setelah itu kikis karat di saat pagi harinya. Disarankan untuk menggunakan cuka sari apel karena lebih efektif untuk menghilangkan karat dibanding dengan cuka putih. Namun jika karat yang ada pada benda sangat banyak maka rendam dalam kurun waktu lebih lama misalnya dua hari dan gosok menggunakan alumunium foil. Cairan penghilang karat dari cuka ini cukup ampuh untuk diandalkan

  1. Menggunakan jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon ternyata bekerja dengan baik untuk menyingkirkan karat pada logam bila dibiarkan bekerja dalam jangka waktu yang lumayan lama. Caranya dengan menaburkan garam pada bagian yang berkarat, rendam menggunakan cairan jeruk nipis ataupun lemon, setelah itu kikis karat menggunakan bola penggosok alumunium.

  1. Menggunakan fosfat

Klorida dan asam fosfat merupakan barang yang baisa ditemukan dalam rumah tangga dan bisa didapatkan dengan harga cukup murah. Ternyata cairan ini juga sangat bermanfaat untuk menangkal karat. Cara menggunakannya yaitu rendam benda berkarat di dalam asam fosfat dan tunggu hingga semalaman. Setelah itu biarkan hingga mengering. Lalu kikis bersih besi fosfat jika permukaan telah kering. Cairan penghilang karat ini bisa didapatkan dari minuman cola atau rumput laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *