4 Cara Mengatasi Kolesterol yang Terbukti Efektif dan Aman

Cara Mengatasi Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu kondisi yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Hal ini terjadi ketika kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) lebih tinggi dibanding kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL). Tingginya kadar LDL di dalam tubuh biasanya dipicu oleh pola makan atau diet yang salah. Salah satunya adalah ketika kita lebih sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan dan makanan cepat saji. Nah, jika sudah terlanjur terkena kolesterol, berikut 4 cara mengatasi kolesterol yang bisa anda lakukan agar kadar kolesterol kembali normal.

Perbanyak konsumsi ikan

Ikan kaya akan Omega 3 yang dapat mengurangi resiko terjadinya pengentalan darah dan penyakit jantung. Karenanya konsumsi ikan sangatlah dianjurkan sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol. Namun pastikan ikan yang dikonsumsi tidak mengandung merkuri mengingat habitatnya saat ini sudah tercemar oleh limbah rumah tangga dan pabrik.

Pertimbangkan penggunaan kayu manis

Kayu manis biasanya digunakan sebagai penyedap masakan dan penambah rasa manis pada kue. Selain kedua manfaat tersebut kayu manis ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol secara efektif. Karenanya jangan segan segan untuk menambahkan kayu manis pada masakan anda. Atau anda juga bisa menambahkannya pada kue yang akan anda sajikan untuk keluarga, sehingga kadar kolesterol keluarga anda bisa terkontrol dengan baik.

Perbanyak konsumsi kacang kacangan

Kacang kacangan selain baik bagi fungsi jantung ternyata juga bisa bermanfaat dalam hal menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Hal ini berkat kandungan Omega 3 dalam kacang kacangan yang terbukti mampu menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah. Karenanya pastikan untuk mengkonsumsi kacang kacangan secara rutin. Anda bisa memilih beberapa jenis kacang kacangan seperti kenari dan almond untuk ditambahkan dalam menu harian anda atau menu camilan sehat.

Kurangi konsumsi seafood dan makanan cepat saji

Selain ketiga cara tersebut, ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui guna menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, yaitu dengan mengurangi konsumsi seafood dan makanan cepat saji. Konsumsi seafood yang dimaksud adalah konsumsi masakan hasil laut yang mengandung kolesterol tinggi seperti kepiting, udang, kerang dan cumi cumi. Jadi untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil, pastikan untuk menghindari makanan tersebut ditambah dengan konsumsi rutin Tropicana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *