Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Menggunakan Obat Tradisional

Tenggorokan merupakan salah satu alat pencernaan manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital. Tenggorokan merupakan saluran yang menghubungkan antara mulut dan lambung. Adakalanya kita merasakan tenggorokan kita terasa nyeri atau sakit terlebih jika sedang menelan makanan. Rasa sakit ini bisa diakibatkan oleh infeksi dari bakteri. Kebanyakan orang menganggap jika sakit tenggorokan ini merupakan hal yang sepele namun apabila dibiarkan akan berakibat fatal. Ketika terjadi iritasi pada tenggorokan maka kita akan merasakan gejala seperti, batuk, gatal, serta rasa sakit ketika kita menelan makanan. Tentu hal Ini akan sangat mengganggu. Mengobati Radang tenggorokan tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obat kimia yang tersedia di apotik, namun kita dapat menggunakaan obat-obatan alami yang dapat kita temukan dengan mudah. Banyak tumbuhan-tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, seperti :

  • Teh Jahe, Terlebih dahulu anda harus menyediakan teh hangat kemudian anda menumbuk satu inci potongan jahe, rebus potongan jahe tersebut setelah jahe direbus masukan kedalam segelas teh yang sudah anda sediakan.minum sebanyak tiga kali sehari.
  • Gunakan campuran kunyit, air, dan garam untuk digunakan berkumur, untuk menggunakan nya sangatlah mudah dan biasanya sudah tersedia dirumah. Anda sediakan dua  gelas air kemudian  potong kunyit menjadi beberapa bagian, didihkan air masukan kunyit yang telah dipotong tadi lalu rebus dengan menggunakan campuran satu sendok garam. Tunggu air rebusan tadi sampai dingin, gunakanuntuk berkumur-kumur.
  • Daun Kemangi, Daun kemangi biasanya dapat ditemukan dengan mudah karena daun kemangi ini merupakan bumbu dapur. Selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata daun kemangi memiliki khasiat untuk mengobati radang tenggorokan, untuk mengolahnya menjadi obat radang tenggorokan kita hanya cukup merebus beberapa bagian daun kemangi, kemudian air rebusan daun kemangi itu kita gunakan untuk berkumur.
  • Madu dan lemon, Memang sudah tidak diragukan lagi madu adalah obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya peradangan. Kita hanya cukup menyediakan dua sendok madu kemudian dicampurkan dengan perasan air lemon. Campuran madu dan lemon tersebut kita minum sehari dua kali, khasiatnya dapat kita rasakan setelah mengkonsumsi selama beberapa hari secara teratur .

Sakit tenggorokan memang terkadang kita anggap remeh namun jika dibiarkan dapat menimbulkan peradangan. Obat-obat tradisional diatas bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan serta memiliki khasiatyang tidak kalah dengan obat-obatan kimia. Selain mudah didapatkan penggunaan obat tradisional untuk sakit tenggorokan pun tidak memiliki efek samping.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *