Berbagai Macam Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil

makanan yang baik untuk ibu hamil

Kehamilan merupakan masa – masa menyenangkan namun juga masa yang cukup menguras fisik dan mental terutama bagi wanita yang mengandung. Pada masa kehamilan biasanya banyak terdapat tekanan yang akan mengakibatkan stress dan akan berdampak bukan hanya kepada ibu yang mengandung tetapi juga terhadap bayi yang di kandung. Pada usia kandungan trisemester pertama biasanya ibu hamil malas makan apa – apa, hal ini bisa berlangsung sampai bulan keempat dan kelima usia kehamilan padahal Mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil sangat diperlukan untuk kesehatan dan perkembangan janin didalam rahim. Apabila asupan makanan kurang maka akan beresiko terhadap ibu hamil dan janin yang ada di dalam perut.

Penting untuk ibu hamil mengetahui apa saja makanan yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya, ibu bisa memilih makanan yang disukai karena banyak sekali makanan yang baik untuk ibu hamil, diantaranya telur, kacang hijau, kecambah, kacang kedelai, yoghurt, ikan tawar, udang, susu, olahan kedelai, ikan salmon, brokoli, sereal, ubi jalar, buah berry, apel, kacang, polong, madu, kurma, alpukat.

Telur mengandung omega-3 dan protein yang berfungsi untuk menguatkan kandungan, selain telur ikan salmon, ikan tawar, kacang kedelai adalah jenis makanan yang mengandung lemak omega-3. Untuk buah – buahannya yang mengandung lemak yaitu buah alpukat. Sedangkan untuk kalsium dan protein, bisa di dapatkan dari yoghurt, udang, susu, olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Kalsium folat dan vitamin C terdapat di makanan seperti brokoli, buah berry. Kacang hijau mengandung zat besi yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan hb dalam darah, kacang hijau juga bisa menjaga perkembangan janin yang sehat selama kehamilan, selain dari kacang hijau zat besi juga bisa didapatkan dari sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung.

Setelah mengetahui apa saja makanan untuk ibu hamil terutama untuk menguatkan kandungan, ibu hamil yang malas makan di bulan pertama bahkan yang sampai bulan keempat dan bulan kelima kehamilan, bisa memilih ragam makanan yang cocok dan disukainya dan semuanya bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Tapi tentunya mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil saja tidak cukup, perlu diimbangi dengan olahraga yang rutin serta aktivitas yang berkaitan dengan tubuh agar kondisi si ibu hamil tetap sehat terjaga.

Demikian artikel dari fenicie.com ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Yang sedang hamil semoga lancer-lancar saja ya sampai proses persalinan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *