Cara Mengurus Bayi Baru Lahir dengan Menjaga Kebersihan

Bayi merupakan salah satu anugerah yang harus dijaga dan dirawat dengan maksimal. Tubuh yang masih rentan dan tulang yang belum sepenuhnya kuat untuk menopang tubuh serta daya tahan tubuh yang belum maksimal membuat para orang tua harus merawat dan menjaga dengan maksimal. Terdapat berbagai langkah yang dapat dilakukan sebagai cara mengurus bayi baru lahir adalah dengan merawat kebersihan bayi dengan menggunakan Zwitsal serta membersihkan benda yang ada di sekitar atau yang memiliki kontak langsung dengan bayi.

Kebersihan bayi harus dijaga untuk menghindarkan bayi dari penyakit. Terdapat langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara memandikan bayi ataupun menyeka tubuh bayi 2 kali dalam sehari. Bagi bayi yang baru lahir, Anda dapat menyeka dengan menggunakan handuk halus yang telah dibasahi dengan air sebelumnya. Jika ingin memandikan bayi, gunakan peralatan mandi dan produk khusus yang aman digunakan untuk bayi yaitu Zwitsal. Produk yang dapat digunakan diantaranya adalah sabun mandi, shampo, bedak.

Kebersihan barang yang berhubungan langsung dengan bayi juga perlu untuk dilakukan sebagai salah satu cara mengurus bayi yang baru lahir. Barang tersebut misalnya, pakaian dan tempat tidur. Akan tetapi, sebelum menggunakan baju tersebut untuk bayi, walaupun itu merupakan barang baru, pakaian harus dicuci terlebih dahulu untuk menghindari adanya iritasi pada kulit bayi karena residu yang ada di pakaian. Caranya adalah dengan mencuci menggunakan detergen khusus bayi dan hindari penggunaan softener.

Kebersihan ruangan juga harus dijaga sebagai cara mengurus bayi baru lahir. Kamar yang digunakan untuk bayi harus ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang sempurna dan jika memungkinkan sebaiknya gunakan ruangan yang mampu mendapatkan sinar matahari pagi agar bayi mendapatkan vitamin dari sinar pagi tersebut. Ventilasi udara harus ada dan jika di kamar tersebut terdapat jendela, Anda dapat membukanya untuk membantu agar sirkulasi udara di kamar berfungsi dengan sempurna sehingga akan membantu untuk menyehatkan bayi. Kamar tetap harus dibersihkan sehingga meminimalkan jumlah debu yang dapat mengganggu pernafasan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *