CARA MERAWAT BAYI YANG BARU LAHIR

Setelah persalinan anda sudah berjalan dengan baik, maka kini adalah saat dimana anda harus mampu merawat buah hati anda dengan baik. Merawat bayi yang baru lahir memang tidak dapat dilakukan dengan mudah seperti merawat bayi yang sudah berumur lebih dari dua bulan. Bayi yang baru lahir masih sangat sensitif dan rentan terhada berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, untuk merawat bayi yang baru lahir, kesehatan ibu dan anak adalah faktor utama. Anda harus bersih dan sehat untuk bisa merawat dan menyentuh bayi anda.

Ketika bayi pertama kali lahir, maka pada umumnya bayi akan menangis. Selain itu, tubuh bayi masih memiliki warna yang kemerahan. Bayi yang lahir dengan sehat akan bergerak dengan aktif dan menyusu pada payudara ibu dengan sangat kuat. Selain itu, bobot bayi yang sehat biasanya sekitar 2500 hingga 4000 gram.

Ketika bayi anda lahir, maka anda harus menyusui bayi dengan benar. Segera lakukan inisiasi menyusui dini pada saat ASI yang keluar pertama kali berwarna kekuningan (kolostrum) yang mengandung  zat kekebalan tubuh. Anda dapat memberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan. ASI memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan anak, diantaranya: memberikan gizi yang optimal bagi bayi, praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, menjalin kasih sayang antara ibu dan anak, dan mencegah pendarahan pada ibu yang sedang nifas.

Ketika bayi anda baru lahir, maka anda harus menjaga kebersihan selama persalinan. Anda dapat mencegah infeksi kuman pada bayi dengan meminta salep antibiotik untuk matanya. Anda juga harus menjaga tali pusat bayi agar selalu bersih dan kering. Jika kotor, jangan diberi obat atau ramuan apapun. Anda dapat menggunakan kain bersih dan air bersih untuk membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *