Tips Memilih Toko Mainan Anak untuk Usia 3 Bulan

toko mainan anak

Berkunjung ke sebuah toko mainan anak memang akan menjadi agenda wajib bagi semua orangtua agar memilihkan mainan anak yang tepat. Dunia anak-anak memang sarat akan berbagai jenis permainan, bahkan sejak usia 0 hingga 5 tahun. Usia anak yang masih dalam hitungan bulan, atau di bawah satu tahun tentunya membutuhkan jenis mainan yang berbeda dengan usia di atasnya. Orangtua yang bijak dan cerdas akan memilihkan mainan yang sesuai dengan perkembangan dan usia buah hatinya.

Memilihkan mainan untuk anak usia 3 bulan

Banyak orangtua yang keliru dalam menyediakan mainan bagi buah hatinya, sehingga memberikan dampak yang tidak terlalu bagus. Kesalahan memilihkan mainan bisa berdampak pada perkembangan anak dalam belajar dari lingkungan sekitarnya. Kemudian bisa juga efek anak yang kurang begitu bisa memainkan mainan yang dihadapkan kepadanya. Alhasil mainan yang dibeli dari toko jual mainan anak terbaik pun tidak bisa memberikan manfaat seperti harapan. Memilihkan mainan ternyata ada aturannya dan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis mainan yang cocok bagi anak usia 3 bulan agar mengoptimalkan kecerdasan otak dan responnya terhadap lingkungan yang baik:

  1. Usia 3 bulan bayi mulai mengenal lingkungan sekitar, maka pilih mainan yang bisa menghasilkan bunyi agar indera pendengarannya berkembang maksimal.
  2. Sangat dianjurkan memilihkan mainan yang bisa digigit sehingga merangsang pertumbuhan gigi si kecil dan sebaiknya memilih mainan dari bahan yang aman masuk ke mulut bayi.
  3. Indera perasa bayi juga perlu didukung perkembangannya pada usia ini caranya dengan mainan bertekstur beragam, mulai dari yang halus, kasar, kenyal, dan keras.

Mainan untuk bayi usia 3 bulan sebaiknya yang biasa saja dan dimainkan secara manual sehingga memberikan manfaat besar. Ketika memilih mainan sebaiknya memperhatikan material yang terkandung dalam mainan tersebut. Bayi cenderung memasukkan apa saja yang ditemukan ke dalam mulutnya, jika mengandung material berbahaya. Justru akan membuat bayi Anda mengalami gangguan kesehatan, dan sebaiknya memilih toko mainan anak terpercaya untuk mendapatkan mainan yang demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *