Tujuh Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Mencuci tangan merupakan kegiatan untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, baik ketika makan dan minum atau sebelum memulai pekerjaan. Mencuci tangan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk mencegah penyebaran penyakit oleh kuman yang umumnya menempel ditangan.

Mencuci tangan sekilas merupakan kegiatan yang mudah, tapi tahukah anda bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar?. Jika anda masih ragu-ragu untu menjawab “iya”, lalu akankah anda mampu mengajarkan kepada buah hati atau anak anda cara mencuci tangan yang betul?

Mulai saat ini anda bisa mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar, karena berikut akan dipaparkan mengenai langkah mencuci tangan. Tujuh Langkah cuci tangan yang baik dan benar, adalah sebagai berikut:

  1. Basahi kedua telapak tangan hingga pertengahan lengan dengan menggunakan air mengalir. Jika sudah, lanjutkan dengan mengambil sabun kemudin usap serta gosok kedua telapak tangan anda secara perlahan.
  2. Secara bergantian usap dan gosok kedua punggung tangan anda
  3. Gosok sela-sela jari tangan anda, dan pastikan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari anda secara bergantian, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatupkan tangan anda
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari anda secara bergantian
  6. Bersihkan telapak tangan anda, caranya letakkan kelima ujung jari anda ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Lakukan secara bergantian
  7. Bersihkan pergelangan tangan anda secara bergantian dan bilas hingga bersi. Jangan lupa keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *