Tips Mencuci Menggunakan Pelembut Pakaian di Mesin Cuci

Perkembangan dunia yang semakin modern mampu menciptakan berbagai macam mesin-mesin yang canggih, salah satunya adalah mesin cuci. Kini semua orang menjadi lebih mudah untuk membersihkan pakaian mereka, karena tidak perlu lagi repot kucek-kucek bilas. Tinggal masukan pakaiannya, masukan deterjen dan pelembut pakaian kedalam mesin tersebut. Namun apalah arti mesin yang canggih apabila kita tidak bisa mengoperasikannya. Kita tidak bisa sembarangan pencet, puter akhirnya kita cape-cape juga, terlebih lagi mesinnya bisa rusak oh tidak jangan sampai itu terjadi. Oleh karena itu, mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga akan menghemat tenaga, air dan uang pastinya. Simak panduannya berikut ini :

  1. Siapkan pakaian yang akan di cuci, pisahkan juga pakaian yang sekiranya akan mudah luntur dengan pakaian yang berwarna putih, untuk celana jeans sebaiknya resletingnya ditarik dan kancingnya dikaitkan terlebih dahulu untuk merawat jeans tersebut.
  1. Masukan pakaian tersebut ke dalam tabung pencucian, jangan lupa sertakan juga deterjennya bila perlu tambahkan pelembut pakaian untuk hasil yang maksimal, lalu isi tabung dengan air bersih, untuk menentukan banyaknya air, ikutilah buku manual mesin tersebut.
  1. Jalankan mesin sesuai dengan buku manual, semakin banyak pakaian yang masuk maka akan semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk mencucinya, tinggalkan dulu mesin biarkan dia melakukan pekerjaannya anda tidak perlu khawatir baju-bajunya akan rusak, santai aja.
  1. Setelah proses pencucian selesai, buang air sisa proses pencucian tersebut dengan memencet tombol/ atau memutar, pastikan selang air yang berada di belakang mesin sudah terpasang dengan baik supaya airnya tidak lumer ke mana-mana nanti akan menyusahkan anda. Apabila menggunakan mesin cuci semi otomatis maka sudah dapat dipastikan bahwa baju tersebut sudah bersih, tinggal kita membuang air sisa pencucian tersebut dan ada juga yang langsung dikeringkan jadi kita bisa langsung menjemurnya.
  1. Apabila menggunakan mesin yang standar setelah airnya habis pindahkan pakaian tersebut pada tabung pengering untuk membuang sisa air yang menyerap pada baju, agar bersih nyalakan air yang menuju ke tabung pengering guna membuang sisa sabun tapi jangan terlalu lama diberi air, karena jika seperti itu akan memperlambat proses pengeringan.
  1. Setelah selesai, keluarkan baju dari tabung satu persatu jangan langsung dikeluarkan semuanya nanti susah, lalu pasangkan pada jemuran, menempatkan jemurannya tidak perlu di tempat yang terkena sinar matahari langsung juga tidak apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *