Syarat Pengajuan KPR Bank BTN

syarat pengajuan kpr

Persyaratan dalam mengajukan KPR ke Bank BTN sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu memenuhi beberapa syarat pengajuan KPR utama sebagai berikut. Poin pertama adalah identitas pemohon. Anda, sebagai pemohon, wajib membawanya. Identitas pemohon ini terdiri dari fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan istri yang ingin mengajukan KPR, fotokopi akta nikah atau akta cerai, atau akta kematian (pilih salah satu) yang berlaku secara legal, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi NPWP yang dimiliki, foto pas diri terbaru yang berukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar, dan surat keterangan sehat dari dokter resmi.

Kemudian, dalam syarat pengajuan KPR harus disertakan pula data mengenai pekerjaan dan penghasilan yang didapatkan. Hal ini bersifat wajib, baik bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap atau bagi Anda yang merupakan wiraswasta dengan penghasilan tidak tetap. Tentunya, ada perbedaan dalam syarat yang harus disertakan dari keduanya. Jika Anda memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap, makan Anda harus menyertakan dokumen diantaranya fotokopi NIP atau SK yang paling terakhir (SK tentang Pengangkatan pemohon KPR yang bersangkutan), surat yang berisi keterangan tentang pemohon dari instansti atau perusahaan terkait, dan tidak lupa slip gaji yang didapatkan atau daftar penghasilan yang paling baru. Berpindah ke tipe yang kedua, jika Anda merupakan seorang wiraswasta atau orang dengan penghasilan yang tidak menentu, maka dokumen yang harus dilampirkan adalah surat keterangan dari kepada desa atau kepala kelurahan, rincian penghasilan yang diperoleh secara jelas, SIUP, SIUJK, TDP, dan NPWP perusahaan terkait, serta SPT Tahunan. Mudah, bukan?

Tentunya, syarat-syarat tersebut tidak hanya hal tersebut saja. Ada satu syarat lagi yang tidak boleh Anda lupakan jika Anda berniat memohon KPR ke Bank BTN. Syarat tersebut dapat dikatakan sebagai dokumen-dokumen pelengkapn agunan Anda, sebagai pemohon KPR. Secara umum, dokumen tersebut hanya terdiri dari dua buah dokumen. Dokumen pertama adalah fotokopi IMB dan sertifikat tanah yang dimiliki (SHM). Dokumen kedua dalam syarat pengajuan KPR ini adalah fotokopi buku tabungan BATARA yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *