Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

cara mencegah penyakit jantung

Serangan jantung adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Munculnya serangan jantung ini karena penyakit jantung yang biasanya terjadi karena perubahan gaya hidup seseorang serta pola makan yang tidak baik. Misalnya seperti memakan makanan junkfood, jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, serta merokok bisa menjadi pemicu munculnya penyakit jantung. Oleh karena itu sebaiknya mencari cara mencegah penyakit jantung sejak dini sebelum semuanya terlambat.

Banyak yang bisa dilakukan dalam mencegah munculnya penyakit jantung, diantaranya seperti :

  1. Olahraga secara teratur. Olahraga menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita terutama kesehatan jantung karena bisa mengurangi lemak yang berlebih.
  2. Jangan stress. Stress bisa menjadi pemicu munculn serangan jantung oleh karena itu pikiran kita tidak boleh stress.
  3. Konsumsi ikan. Ikan dikenal memiliki banyak nutrisi yaitu mengandung banyak asam lemak omega 3 yang mampu menjaga kesehatan jantung.
  4. Pola makan teratur dan sehat. Makan teratur tentu saja sangat baik bagi tubuh kita akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh kita. Kurangilah mengkonsumsi daging dan perbanyak memakan sayuran agar jantung kita tetap sehat.

cara mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang cukup mematikan Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kasus penyakit jantung mencapai 931.108 kasus, mengalahkan kanker,yaitu 553.768 kasus. Penyakit ini pun semakin banyak memakan korban jiwa dengan peningkatan jumlah penderita di tiap tahunnya. Banyak sekali orang yang tidak menyadari gejala penyakit ini, dikarenakan kurangnya informasi yang diterima. Untuk itu kita perlu mengetahui cara mencegah penyakit jantung sejak dini, agar kita tidak bisa mengatasi dan menghindari penyakit tersebut.

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang terjadi akibat penimbunan plak yang berlangsung dalam jangka waktu panjang. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, merokok, dan tentu jarang sekali berolah raga. Oleh karena itu , kita perlu memperhatikan pola hidup sehat sejak dini , agar tidak terserang oleh penyakit jantung yang tentu sangat berbahaya.

Mencegah penyakit jantung sejak dini menjadi sangat penting demi kehidupan kita ke depan. Oleh karena itu cara mencegah penyakit jantung sejak dini di atas perlu dilakukan secara rutin dan baik. Tips lain untuk mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: segera perbaiki pola makan kita dengan pola makan sehat. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink, karbohidrat tinggi, karena dalam tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaiknya, konsumsi buah dan sayuran yang mengandung anti oksidan untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas di dalam tubuh. Dan yang terpenting yaitu olah raga teratur seperti berjalan kaki, jalan cepat atau jogging. Dan berikut adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung sejak dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *