Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini juga menjadi penyebab peningkatan angka kematian di Indonesia. Beberapa gejala penyakit jantung antara lain penderita akan merasakan debaran jantung yang terasa seperti tertekan, sesak nafas yang disertai dengan keringat dingin, rasa nyeri pada bagian dada seperti tertusuk serta mudah lelah dan sulit tidur.

            Ada beberapa cara mencegah penyakit jantung. Berikut diantaranya:

  1. Berhenti merokok. Asap rokok mengandung nikotin, karbonmonoksida, serta zat radikal bebas lainnya yang dapat merusak dinding pembuluh darah. Jika Anda menghisap 4 batang rokok perhari, maka Anda berpotensi 50% terkena penyakit ini.
  2. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh, seperti makanan junk food maupun soft drink. Selain itu Anda bisa meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan 3 ons per hari.
  3. Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur, maka jantung akan berdenyut dengan cepat untuk mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Berolahraga teratur akan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL), namun menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL).
  4. Hindari stress. Hiduplah dengan teratur dan seimbang maka Anda akan berpeluang terhindar dari penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat kadar hormon epinefrin yang dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini akan meyebabkan kerusakan pada dinding jantung.

 Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati, bukan? Semoga informasi mengenai cara mencegah penyakit jantung dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat!

sumber : http://www.tropicanaslim.com/penyakit-jantung-koroner-mengapa-ditakuti-banyak-orang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *