Dukung Tumbuh Kembang Otak Si Kecil dengan Musik Klasik

cara menghilangkan stress pada sikecil

Anda gemar mendengarkan musik di waktu senggang? Mendengarkan musik favorit adalah salah satu cara menghilangkan stress yang mudah dan efektif. Tapi ternyata tak hanya orang dewasa yang butuh musik. Karena bayi dan anak-anak berusia balita juga membutuhkan musik untuk mendukung tumbuh kembang otak.

Meskipun secara ilmiah belum ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan antara musik klasik dengan peningkatan kecerdasan anak-anak, namun musik klasik memang menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membantu tumbuh kembang otak anak. Alunan musik klasik yang begitu tenang membuat anak-anak menjadi lebih rileks dan terbiasa dengan suasana tenang yang penuh kenyamanan. Musik klasik juga bisa menjadi alunan pengantar tidur yang efektif bagi bayi dan balita.

Saat bayi dan balita merasa rileks dan terbebas dari stres, maka proses tumbuh kembang sel-sel otak bisa berlangsung secara efektif. Melodi dari musik-musik klasik yang indah membantu si Kecil untuk mengenal nada dan lirik lagu sejak masih kanak-kanak. Hal ini tentu sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif meliputi kecerdasan untuk mengingat sesuatu, kecerdasan berhitung serta kemampuan untuk memberikan rangsang terhadap apa yang mereka dengarkan.

Ada beberapa teknik mudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu si Kecil agar terbiasa mendengarkan musik klasik. Anda bisa memutar alunan musik klasik ketika si Kecil hendak tidur. Ajaklah si Kecil untuk menirukan setiap gerakan sederhana yang Anda lakukan agar sistem motorik kasarnya ikut berkembang saat ia asyik mendengarkan musik. Bahkan, Anda juga bisa mengajak si Kecil mendengarkan musik sekaligus sambil belajar mengenal anggota-anggota tubuh secara santai.

Penelitian yang dilakukan oleh McMaster University di Kanada menyatakan bahwa bayi berusia 6 bulan yang aktif mendengarkan musik klasik dan sering mengikuti kelas-kelas belajar akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik. Sehingga, nantinya sang anak tidak akan mengalami masalah untuk berkomunikasi dan belajar mengenal teman-teman baru saat memasuki usia sekolah.

Bisa disimpulkan bahwa mendengarkan musik klasik tidak hanya menjadi cara menghilangkan stress yang Anda butuhkan, tapi juga menjadi kebutuhan bayi dan balita untuk mendukung tumbuh kembang otak. Ajaklah anak Anda untuk aktif mendengarkan musik klasik secara teratur. Jadikan si Kecil sebagai generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *