Perbedaan Tumbuh Kembang Anak dalam Masa Puber

tumbuh kembang anak

Menjadi orang tua tidak hanya bertanggung jawab untuk membesarkan dengan materi, namun anda juga dituntut untuk memahami tumbuh kembang anak dan mengajarkan kebaikan padanya setiap waktu. Ini memang tugas yang dahulu dilakukan oleh orang tua mulai dari jaman nenek moyang kita, oleh karena ini anda juga harus paham tentang pesatnya perkembangan buah hati, salah satunya saat masa puber. Dimana masa ini menjadi peralihan dari anak-anak menjadi dewasa, akan banyak hal yang akan membuat anak-anak menjadi terkejut karena sudah boleh mendapatkan beberapa hal sebagai anak yang akan menuju kedewasaan.

 

Hal yang harus anda ketahui dalam masa puber anak adalah ketertarikan pada lawan jenis, ini akan ditanggapi berbeda pada pertumbuhan dan perkembangan anak laki-laki dan perempuan. Jika anak laki-laki lebih suka cuek dan apa adanya, beda dengan wanita yang lebih suka merawat tubuh untuk memikat lawan jenis. Hal ini harus anda sadari dan mengarahkan agar tidak berlebihan, sekarang ini tak jarang anak-anak yang usianya belum sepantasnya menggunakan baju atau make up ala ibu rumah tangga. Tentu ini akan menimbulkan stigma buruk bagi masyarakat sekitar, jika anak-anak ingin tampil cantik arahkan pada apa yang saja yang sudah boleh untuk dia lakukan.

 

Misalkan untuk anak perempuan yang ingin berdandan, lebih baik ibu mengarahkan penggunaan make up tipis yang natural. Ini akan tetap menjadikan dirinya cantik tanpa menuakan usia. Bagi anak laki-laki ketertarikan akan barang elektronik dan bermotor tentu tidak bisa ditahankan, sebaiknya memberikan pemahaman bahwa semua kendaraan bermotor boleh dipergunakan secara personal setelah dirinya mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) pada usia 17 tahun, ini tentu akan membuat anda disegani bukan ditakuti pada tumbuh kembang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *