Cara Berinvestasi Reksadana yang Aman

Cara berinvestasi reksadana memang mengandung resiko, tapi ada kiat-kiat untuk mengamankannya. Kata “aman” disini tidak dapat diartikan bebas dari resiko melainkan menurunkan tingkat resiko hingga paling rendah. Sebelum berinvestasi, sebaiknya periksa dulu hal-hal berikut ini.
Membeli Beberapa Produk Berbeda
Teknik investasi reksadana pertama yang aman adalah dengan membeli produk berbeda. jangan habiskan uang Anda hanya untuk membayar satu produk reksdana saja. Anda harus memikirkan resiko kerugian dalam manajemen produk tersebut. Beli produk dengan resiko rendah yang dikelola oleh manajer berbeda. Dengan begitu, kalau satu dari produk Anda mengalami kerugian tidak begitu terasa imbasnya.
Melihat Rekam Jejak
Sebelum mulai cara menanamkan modal reksadana, pelajari dulu prospektusnya. Rekam jejak suatu produk reksadana sangat penting untuk dipelajari. Rekam jejak memberitahukan kepada Anda mengenai profesionalitas dan kredibilitas pihak pengelola. Misalnya produk reksadana dana prestasi yang dikeluarkan oleh Schroders. Produk ini selalu memberikan keuntungan yang cukup statis pada pihak investornya hingga 25%. Buktinya, produk reksadana ini diberikan label prestasi karena teknik pengelolaannya.
Peka Terhadap Kondisi Politik dan Ekonomi
Kondisi politik dan ekonomi suatu bangsa sangat berkaitan dengan pasar uang di negara tersebut. Mengapa? Jika keadaan politiknya carut-marut, tentu nilai uang di negara tersebut akan turun. Penduduk sibuk menyelamatkan diri atau melupakan kegiatan ekonomi sehingga perputaran uang cukup sulit dilakukan.
Ketika ada konflik politik yang mulai memanas, sebaiknya Anda urungkan niat untuk cara berinvestasi reksadana. Apalagi investasi ini tergolong jangka panjang. Lebih baik mulai investasi kembali saat kondisi politik semakin membaik.
Hal serupa juga terjadi ketika kondisi ekonomi melemah. Misalnya banyak kredit macet sehingga nilai jual menurun. Daya beli masyarakat menurun dan inflasi kerap terjadi tanpa dapat ditekan juga menyebabkan produk reksadana berbahaya.
Salah satu tempat aman untuk cara menanamkan modal reksadana Anda adalah di Schroders. Tempat ini telah berpengalaman dalam pengelolaan dana khusus reksadana. Schroders juga telah bekerjasama dengan banyak bank sebagai distributor tetap yang membantu melayani pembelian produk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *