Sumber Air Bersih di Indonesia

sumber air bersih

Air bersih pada musim kemarau panjang seperti ini memang berkurang. Air PDAM yang biasanya mengalir lancar, terkadang mati karena debit air yang semakin menurun. Sungai yang biasanya dijadikan masyarakat pedesaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kini nampak mengering. Tentu hal tersebut membuat masyarakat khawatir jika debit air semakin berkurang dan tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan baik.

Meskipun sumber air di Indonesia masih tercukupi, ada baiknya jika kita sebagai warga Indonesia dapat menghemat penggunaan air yang bersih. Air yang bersih bisa didapatkan dari berbagai sumber alam yang tersedia di alam ini. Berikut adalah beberapa sumber air bersih:

  1. Air Hujan

Air hujan yang turun adalah sumber air yang sangat ditunggu-tunggu manusia kedatangannya. Karena jika turun hujan dengan intensitas yang wajar, akan meningkatkan debit air dalam sumur, sungai, dan pegunungan.

  1. Air permukaan tanah.

Air sungai, air danau dan air laut adalah jenis air pada permukaan tanah. Air tersebut juga sangat berguna bagi pemenuhan konsumsi air masyarakat.

  1. Air tanah. Air tanah adalah air yang terdapat di permukaan tanah paling dalam. Air tanah tersebut biasanya dialirkan ke rumah-rumah penduduk warga dengan sebutan air artesis.

Sumber Air bersih memang bisa didapatkan dari mana saja. Namun, bagaimana cara mengolah air bersih itu yang patut diawasi. Karena terkadang proses penyaringan dan pengendapat menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Dari penilitian air tanah bagus untuk di konsumsi karena telah melewati beberapa penyaringan dalam tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *