Hidup Sehat Dengan Mengatur Pola Makan

Cara hidup sehat sebenarnya sangat mudah untuk dipraktekkan, hanya saja banyak orang masih malas untuk melakukannya. Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat adalah dengan mengatur pola makan. Beberapa orang masih salah kaprah dengan pengaturan pola makan ini. Sehingga tidak jarang orang yang mengalami gagal diet meskipun sudah menahan makan secara ketat.

Salah satu cara hidup sehat yang bisa anda aplikasikan adalah dengan mengatur pola makan. Mulailah dengan food combining. Ketika bangun tidur, minumlah 1 gelas air hangat yang sudah dicampur dengan perasan lemon. Usahakan untuk tidak makan makanan yang berat sebelum jam 12 siang, karena pada pukul 04.00-12.00 tubuh sedang mengalami fase pembuangan.

Di fase pembuangan ini, lebih bagus jika anda memasukkan buah ke dalam tubuh anda. Kandungan gula yang ada pada buah bisa berguna sebagai pemasok energi anda tanpa membuat tubuh terbebani untuk mencerna makanan. Kemudian ketika sudah masuk pukul 12.00 sampai 20.00, anda boleh mengkonsumsi makanan berat.
Yang perlu diingat dalam menjalankan food combining ini adalah jika anda memakan karbohidrat, maka jangan dibarengi dengan makanan yang mengandung protein hewani. Anda bisa memilih untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat dicampur dengan sayur dan protein nabati atau sayuran dengan protein hewani.
Usahakan anda memberikan jarak kurang lebih 4 jam, jika sudah memakan karbohidrat dan akan memakan makanan yang mengandung protein hewani. Lalu ketika waktu sudah menunjukkan pukul 20.00, anda lebih baik tidak memakan apapun sampai pukul 04.00.

Dengan pola makan yang teratur seperti ini, tubuh tidak hanya akan sehat dan bugar, namun anda juga bisa menurunkan berat badan. Hiduplah secara sehat dengan menjaga pola makan sedari dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *