Hemat Uang Bagi Ibu Rumah Tangga Pedesaan

manajemen-keuangan

Setiap keluarga pasti memiliki cara tersendiri untuk hemat uang dalam pengaturan belanja keluarga. Kenaikan harga bahan pokok yang diakibatkan oleh harga bahan bakar minyak yang terus naik menjadi permasalahan serius bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya keluarga yang tinggal di perkotaan, keluarga yang tinggal di pedesaan pun mengalami kesulitan yang sama. Jika dibandingkan dengan perkotaan upah minimum regional (UMR) bagi pekerja di daerah sedikit lebih rendah. Misalnya saja upah minimum kota Semarang lebih tinggi dibandingkan dengan Kabupaten semarang.

 

Selain Upah minimum regional yang lebih rendah, pendapatan keuangan di pedesaan juga sedikit. Hal ini terlihat dari harga jual sayuran yang relative rendah dibandingkan dengan harga sayur yang sudah sampai ke perkotaan. Tidak hanya disitu karena persediaan jenis sayuran tertentu yang melimpah membuat harga sayur semakin tertekan. Akibatnya banyak sayur yang sudah dipanen yang dibawa ke pasar menjadi sedikit pembeli bahkan tidak laku sehingga banyak sayuran yang harus dibuang. Sedangkan untuk menanam sayuran tersebut petani harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Hal ini membuat keluarga di pedesaan harus membuat manjemen uang yang teliti.

 

Agar tidak terjerat dengan hutang yang banyak diperlukan cara agar dapat hemat uang. Salah satu cara yang dapat dilakukan ibu rumah tangga pedesaan adalah menekan belanja dengan menggunakan sayuran yang ditanam di sekitar rumah untuk konsumsi. Selain itu untuk kebutuhan bumbu sebaiknya menanam tanaman di sekitar rumah memakai pot atau polybag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *