Seputar Resep Sop Buntut Sapi

sop buntut sapi

Hidangan yang satu ini sangat unik karena menggunakan bahan baku berupa buntut, dan kali ini adalah yang menggunakan buntut sapi. Buntut sapi tersebut akan diolah menjadi satu hidangan yang lezat yaitu Sop Buntut Sapi. Masakan yang satu ini sudah menjadi makanan yang sangat umum dan digemari oleh masyarakat karena kelezatannya dan berbeda dari masakah yang menggunakan bahan baku berupa bagian lain dari sapi. Sop ini punya nama lain yaitu Oxtail Soup, masakan sop ini adalah salah satu yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Keunikan Oxtail Soup ini bukan hanya terletak pada penggunaan bahan bakunya saja, melainkan juga pada rahasia bumbu dan cara pembuatannya. Itulah yang menghasilkan rasa gurih yang khas dan dipadukan dengan lezatnya daging buntut. Dari aroamnya saja sudah pasti membuat orang menjadi sangat penasaran dan ingin segera menikmatinya. Pada umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat sop dari buntut sapi ini antara lain adalah daging buntut sapi, minyak canola, dan berbagai macam bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, biji pala, daun jeruk, daun seledri, lalu ada dapat juga ditambah wortel dan kentang. Nah, yang biasanya menjadi permasalahan adalah tekstur daging yang harus pas. Untuk masalah ini ternyata cara mengatasinya cukup mudah. Cukup rebus daging buntut tersebut hingga teksturnya menjadi empuk, lalu untuk air hasil rebusannya jangan digunakan lagi karena itu dibuang saja.

Dari bahan-bahan yang lengkap tadi, rahasia yang kedua adalah cara memasaknya. Untuk membuat sop dari buntut sapi ada cara tertentu selain yang sudah dijelaskan diatas tadi yaitu tentang cara membuat daging menjadi lebih empuk. Kita harus memperhatikan komposisi bahan-bahan yang akan digunakan. Karena biasanya cara pertama untuk memasak Oxtail Soup adalah dengan menumis bumbu rempah,  jadi hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu lama menumis cukup tunggu hingga harum dan campur dengan buntut sapi serta bahan lain. Agar rasa Sop Buntut Sapi semakin kuat dan lezat, tambahkan Royco bumbu kaldu gel yang rasa sapi pada rebusan untuk kuahnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *