Tindakan Tepat Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak

Kecerdasan majemuk

Kecerdasan majemuk pada setiap anak harus ditanggapi dengan tepat oleh semua orang tua. Tujuannya yaitu supaya latihan dan aktivitas yang dijalani anak dapat menunjang dan mudah dikembangkan sebagaimana arah atau bidang yang cocok untuknya. Itulah yang membuat tindakan dan pengarahan yang anda lakukan sebagai orang tua perlu diperhatikan secara seksama dan disesuaikan secara tepat agar anak dapat mengembangkan keahliannya di jalur yang ia kuasai.

 

Berikut ini beberapa tindakan yang perlu anda pikirkan secara seksama dalam menanggapi multiple intelligence anak, yaitu:

 

  • Memahami dan menyadari bahwa setiap anak memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan di bidang yang berbeda-beda.
  • Tidak membandingkan potensi anak dengan teman atau saudara lainnya.
  • Amati kecenderungan minat dan bakat yang ia miliki.
  • Berikan stimulasi yang sesuai dengan kelebihannya untuk menguji dan mengoptimalkan kemampuan yang ada.
  • Selalu memotivasi anak untuk berusaha dalam mengembangkan keahliannya.

 

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, secara tidak langsung anda akan membantu anak untuk memperkuat dan mempertahankan prestasi yang tepat sesuai jalur keahliannya. Bahkan prestasi yang anak raih dapat meningkat apabila upaya pengembangan bakat anak dilakukan secara maksimal. Dukungan emotional juga perlu anda tunjukkan supaya anak merasa didukung penuh oleh orang-orang yang ia cintai di sekelilingnya sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan majemuk yang ia miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *