Keuntungan Menggunakan Centrifugal Pump

Centrifugal-Pump

Centrifugal pump, dari namanya saja pasti kita sudah tahu arti secara kata, yaitu centrifugal berarti sentrifugal, dan pump adalah pompa. Jika kita ingat sebuah materi dipelajaran fisika mengenai gaya, maka kita akan ingat sebuah gaya sentrifugal. Ya, kita mengenal gaya sentrifugal sebagai sebuah gaya yang dihasilkan oleh gerakan suatu benda yang arahnya melingkar. Nah, asas gaya sentrifugal inilah yang kemudian menjadi prinsip kerja dari pompa ini.

Fungsi dasar dari pompa sentrifugal adalah untuk memindahkan fluida baik dalam bentuk air, slurry, asam, sampai solid. Pemindahan fluida ini dengan menggunakan impeller. Pompa ini paling banyak digunakan dalam industry, pertambangan, dan perkebunan. Ada beberapa keuntungan ketika kita menggunakan pompa ini, misalnya:

  1. Harganya relatif murah,
  2. Pompa memiliki efisiensi yang cukup bagus,
  3. Konstruksi mesin yang sederhana,
  4. Pengoperasian yang handal,
  5. Tahan terhadap suhu tinggi,
  6. Memiliki kapasitas yang cukup besar.

Terdapat beberapa jenis pompa ini, dan untuk masing-masing jenisnya didasarkan pada kriteria tertentu. Adapun kriteria yang sering digunakan adalah banyak atau sedikitnya jumlah impeller, bentuk konstruksi dari impeller, banyak atau sedikitnya suction inlet, dan arah aliran fluida dalam impeller. Umumnya selain centrifugal pump, ada satu pompa lain yang digunakan yaitu positive displacement. Prinsip kerja keduanya hampir sama, bedanya hanya pada discharge yang tergantung atau tidak bergantung pada tekanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *