Masker Pemutih Wajah dari Ekstrak Bengkoang

pemutih wajah

Bengkoang merupakan tumbuhan dari jenis umbi-umbian yang umumnya diolah menjadi bahan kudapan seperti acar dan asinan. Di banyak daerah bengkoang juga dikonsumsi sebagai racikan rujak. Buah yang bernama latin Pachyrizus erosus ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Tidak hanya bagus untuk dimakan, ternyata buah bengkoang mempunyai khasiat untuk kecantikan. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan dari proses modern yang mengeksplorasi kekayaan manfaat bengkoang. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan bengkoang untuk bahan alami kecantikan telah terjadi sejak masa kerajaan. Salah satunya adalah difungsikan sebagai pemutih wajah secara alami. Kandungan yang baik bagi kulit dalam bengkoang diantaranya pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C.

Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah tampaknya memang sudah menjadi budaya wanita Indonesia. Dengan memanfaatkan sari pati bengkoang tentu memiliki banyak keunggulan dibanding produk modern yang sudah tercampur bahan-bahan kimia. Caranya pun terbilang praktis, yaitu Anda bisa membuat masker bengkoang. Pertama buah bengkoang harus dicuci hingga bersih, lalu dikupas dari kulitnya, dan diparut. Kedua, Anda peras parutan bengkoang tersebut untuk diambil sari airnya dan tempatkan pada wadah seperti mangkuk. Ketiga, diamkan perasan air bengkoang hingga mengendap pada dasar mangkuk. Setelah mengendap sempurna, buanglah air yang berwarna bening dan ambil bagian endapannya. Sari endapan inilah yang berkhasiat digunakan sebagai masker wajah.

Ketika masker bengkoang sudah siap, selanjutnya pahami bagaimana cara mengaplikasikan sari bengkoang dengan benar. Pertama dan penting untuk diperhatikan adalah, pastikan Anda telah membersihkan area wajah sebelum memakai masker. Kemudian oleskan endapan partikel bengkoang ke wajah secara merata, jika perlu gunakan alat oles masker. Diamkan hingga kurang lebih 30 menit hingga mengering. Lalu bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat dan terakhir keringkan area wajah dengan handuk yang berserat lembut. Hal ini penting agar kain handuk tersebut tidak melukai wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda disarankan menggunakan pemutih wajah dari ekstrak bengkoang secara rutin tiga kali seminggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *