Hemat Energi Dalam Rumah Tangga

audit energi

Salah satu energi yang paling penting dan diutamakan dalam audit energi adalah energi listrik. Seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya jaman semakin tinggi juga kebutuhan masyarakat akan energi listrik. Sedangkan persediaan listrik yang ada di pemerintah memiliki stok yang terbatas. Hal itu yang harus kita perhatikan sehingga ada baiknya mulai dari kegiatan lingkungan terkecil yaitu rumah tangga agar bisa melakukan penghematan terhadap  energi listrik.

Saat ini hampir semua peralatan rumah tangga yang dapat beroperasi dengan bantuan tenaga listrik. Berbeda dengan jaman dulu yang kebanyakan peralatannya masih tradisional sehingga dioperasikan secara manual. Akibat perubahan ini juga yang menyebabkan pasokan listrik negara semakin mengalami penurunan. Untuk itu ada baiknya kita sebagai pelaku rumah tangga untuk belajar mengaudit alat-alat elektronik rumah tangga yang memang tidak terlalu dibutuhkan.

Beberapa contoh penghematan listrik yang bisa anda lakukan di antaranya adalah ketika melakukan kegiatan memasak. Saat memasak ada beberapa alat elektronik yang sering dilibatkan seperti magicom dan blender. Kedua alat tersebut merupakan alat masak yang bekerja dengan bantuan energi listrik yang mempunyai  fungsi masing-masing. Magicom biasa digunakan untuk memasak nasi sedangkan blender sering digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan.

Untuk mewujudkan kegiatan audit energi dalam rumah tangga tentunya ada cara yang harus anda lakukan. Dari kedua alat tersebut pilih alat mana yang memang benar-benar sangat penting dalam proses memasak. Umumnya pasti banyak yang menilai magicom yang lebih penting karena digunakan untuk memasak makanan pokok. Untuk itu dalam membuat bumbu masakan ada baiknya anda menghaluskan bumbunya secara manual sehingga sedikitnya anda dapat mengurangi pemakaian listrik rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *