Kelebihan Gas Engine

gas engineGas engine adalah salah satu teknologi terbaru dalam dunia mesin. Bukan lagi menjadi masalah yang baru ketika bahan bakar minyak mulai mengalami kelangkaan akibat dari pemakaian dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama. Padahal minyak bumi adalah sesuatu yang tidak bisa diperbarui. Atau sekalipun bisa maka butuh waktu berjuta-juta tahun. Tentu kita tidak bisa menunggu dengan waktu selama itu. Padahal perkembangan industri dalam sebuah negara sangat tergantung dari tersedianya bahan bakar mesin sebagai penggerak generator penghasil listrik.
Tenaga gas menjadi satu solusi yang cukup membantu. Gas ini banyak terdapat di alam dan jumlahnya yang tereksploitasi masih sangat sedikit. Mesin dengan tenaga gas saat ini sudah mulai diimplementasikan dalam industri besar yang membutuhkan tenaga listrik. Untuk itu beberapa perusahaan besar lebih memilih mesin bertenaga gas. Namun ada juga yang tetap memilih mesin diesel karena:

  1. Harga mesin diesel lebih murah dibandingkan dengan harga mesin gas,
  2. Perawatan mesin bertenaga gas yang sedikit lebih rumit.

Sebenarnya cara kerja mesin bertenaga diesel dan mesin bertenaga gas hampir sama. Kedua mesin ini berfungsi untuk menggerakkan generator yang nantinya akan menghasilkan tenaga listrik sebagai sumber tenaga bagi mesin industri. Salah satu yang menjadi keunggulan mesin bertenaga gas adalah gas buang yang lebih bersih. Untuk itu alangkah baiknya untuk pembangit listrik juga menggunakan gas engine.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *