Permainan Anak-Anak Perempuan Masa Lalu

Salah satu permainan anak perempuan yang kini sudah jarang dimainkan adalah loncat karet. Jaman dulu belum tersedia banyak games yang dengam udah dapat diunduh dan dapat dimainkan kapan saja. Permainan loncat karet ini memang lebih interaktif ketimbang games yang menggunakan teknologi seperti yang tersedia sekarang. Namun bukan maksud saya untuk menilai mana permainan yang lebih baik, menurut saya setiap permainan memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu setiap permainan juga menuntut kemampuan yang berbeda serta memiliki dampak yang berbeda pula.

 

Permainan karet ini biasa saya jumpai ketika saya masih sekolah di bangku dasar. Dan memang hanya anak-anak perempuan saja yang memainkannya. Kini setelah saya dewasa kiranya sudah jarang sekali saya melihat ada anak perempuan yang membawa karet yang banyak untuk diuntai menjadi semacam tali panjang untuk diloncati bersama teman-temannya.

 

Permainan anak perempuan ini menuntut para pemain untuk meloncati karet yang dipegang oleh dua orang teman, sehingga karet membentang. Selama beberapa kali seorang pemain meloncatinya hingga jika dia berhasil melakukannya maka kareta itu kemudian akan ditinggikan. Mulai dari setinggi lutut, pinggang, kemudian leher dan yang terakhir setinggi kepala. Hal yang terakhir ini memang menuntut kemampuan yang tinggi. Namun karena karet tersebut elastis maka tidak mungkin hal tersebut dilakukan. Tapi menurut saya esensi dari sebuah permainan bukanlah menang atau kalah, namun justru kesenangan dan kemampuan sang pemain memenuhi tuntutan yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *