Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat merupakan benjolan yang terjadi di beberapa bagian kulit seperti wajah, punggung, data dan kepala yang di dalamnya terdapat darah kotor dan nanah. Kehadiran sang jerawat jelas sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. selain sakit disekitar benjolan, juga menimbulkan rasa pusing pada kepala. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat. sebenarnya jerawat tidak dapat disembuhkan tapi dapat dicegah.

Biasanya jerawat timbul pada umur 15 tahun sampai umur 23 tahun. Pada umur tersebut merupakan masa banyaknya jerawat mungkin karena masa puber. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan muncul pada usia di atas 23. Tapi itu jarang terjadi kecuali ada beberapa faktor yang menjadi penyabab timbulnya jerawat, diantaranya adalah :

  1. Faktor keturunan. Faktor keturunan ini merupakan faktor yang paling kuat kenapa orang tersebut berjerawat. Jika orang tua berjerawat, maka anaknya pun ketika remaja pasti akan berjerawat. Begitu pula sebaliknya.
  2. Faktor makanan. Kebiasaa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kallori yang sangat tinggi akan berdampak timbulnya jerawat. seperti kacang-kacangan, kuning telur ayam serta beberapa jenis makan lainnya yang dogoreng.
  3. Faktor gaya hidup. Pola hidup yang tidak sehat seperti begadang, meroko, mengkonsumsi obat-obatan, serta jarang mencuci muka merupakan faktor yang dapat cepat menimbulkan jerawat.
  4. Faktor sentuhan tangan yang kotor pada wajah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. biasakan cuci tangan sebelum menyentuh wajah.
  5. Faktor stres juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah kita.

Untuk menghilangkan jerawat pada wajah memnag tidak sukar, tapi sulit mencari bahan yang bukan mengatasi jerawat saja tapi juga menghilangkan bekasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *