Bermain Masak-masakan

Memberi kado kepada anak kecil cenderung lebih mudah dibandingkan memilihkan kado untuk orang yang sudah dewasa, maka rata-rata kado yang akan diterimanya adalah permainan anak perempuan, seperti boneka, atau mainan masak-masakan. Hal itu karena kebanyakan orang sudah mengasosiasikan ulang tahun anak kecil dengan kado yang berisi mainan. Tak semua anak suka membaca buku, tak semua anak pula suka melukis, maka memberi kado mainan merupakan salah satu pemberian yang universal dan hampir semua anak kecil menyukai mainan.

Rasanya, hampir semua anak perempuan pernah memiliki boneka dan mainan replika alat memasak yang dibuat dari material yang tak berbahaya, seperti plastik dan hadir dalam warna yang ceria. Replika alat memasak tersebut disajikan dalam ukuran kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Dengan berat yang ringan, dan material plastik memang membuat alat masak-masakan tersebut jauh fungsinya dari alat memasak betulan yang sering digunakan ibu di dapur. Namun begitu, mainan tersebut bisa memacu kreativitas anak untuk mengandalkan bahan lain sebagai masakan mainannya. Misalnya anak bisa menggunakan kertas yang dirobek kecil-kecil sebagai nasi, atau daun kering sebagai sayurannya.

permainan anak perempuan

permainan anak perempuan

Mengajak anak untuk menggunakan bahan yang ada di lingkungannya sebagai bahan bermain akan melatih kecerdasan dan kemampuan anak untuk memperoleh solusi. Dengan begitu permainan anak perempuan yang dilakukannya tak hanya menyenangkan tapi juga memberi manfaat untuk perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *